[SALAH] PRABOWO DIUSIR DARI ISTANA AKIBAT TUDUH JOKOWI PENYEBAB GOLKAR DUKUNG GANJAR

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan informasi kredibel terkait Prabowo diusir dari istana akibat tuduh Jokowi penyebab Golkar dukung Ganjar di pilpres 2024. Selain thumbnail yang merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1695806925.440432/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
MAMPUSS !! GARA GARA TUDUH JOKOWI OTAK DARI DUKUNGAN GOLKAR KE GANJAR.. PRABOWO DI USIR DARI ISTANA

ANGKAT KAKI DARI ISTANA
PRABOWO TUDUH JOKOWI PENYEBAB GOLKAR GABUNG GANJAR

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama AKTUAL menampilkan thumbnail Prabowo ditangkap polisi di hadapan Jokowi dengan narasi yang menyatakan bahwa Prabowo diusir dari istana akibat tuduh Jokowi penyebab Golkar dukung Ganjar di pilpres 2024.

Setelah ditelusuri, gambar thumbnail yang ditampilkan pada video tersebut merupakan hasil rekayasa. Beberapa cuplikan video yang tayangkan sama sekali tidak mendukung narasi yang beredar.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel tribunnews.com berjudul “Sejumlah Kader Muda Golkar Deklarasi Ganjar di Pilpres 2024” yang dimuat pada 9 Juni 2023.

Dalam artikel tersebut membahas tentang sejumlah kader Partai Golkar yang tergabung dalam Gerakan Golkar Ganjar (2G) menyatakan dukungannya kepada Ganjar Pranowo sebagai Calon Presiden 2024.

Dengan demikian, klaim narasi yang menyatakan Prabowo diusir dari istana akibat tuduh Jokowi penyebab Golkar dukung Ganjar di pilpres 2024 tidak terbukti dan termaasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.tribunnews.com/mata-lokal-memilih/2023/06/09/sejumlah-kader-muda-golkar-deklarasi-dukung-ganjar-di-pilpres-2024