[SALAH] Video Robot Norwegia Bermain Pickleball dengan Manusia

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang dimanipulasi. Video tersebut merupakan buatan CGI serta video aslinya adalah pertandingan pickleball di Florida yang dimainkan semuanya oleh manusia, bukan robot.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/LJNOm

Arsip video:
https://video.twimg.com/ext_tw_video/1704381856626737152/pu/vid/avc1/576×1024/YxrTcZ3FTCSN69Ez.mp4?tag=12

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“#Norway #robot bermain #pickleball dengan manusia, siapa yang menang?”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @CurieuxExplorer mengunggah video yang menunjukkan sebuah robot dalam pertandingan pickleball melawan dua orang atlit. Pengguna Twitter tersebut menambahkan keterangan bahwa itu adalah robot Norwegia. Cuitan dan video yang diunggah pada 20 September tersebut telah disukai 57 orang, dibagikan dan dikutip ulang hampir 40 kali, serta telah dilihat hampir 4,000 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, video tersebut merupakan hasil buatan CGI. Video serupa diunggah oleh wartawan bidang teknologi dari AS bernama Kim Komando di Instagram pribadinya. Pada kolom keterangan tertulis sebagai berikut:

“Check out this pickleball-playing robot! What do you think, real or fake? Answer: it’s a fake! That’s some great animation work”.

Video tersebut merupakan editan CGI dari video pertandingan pickleball di Florida pada 28 Maret 2023 lalu. Cuplikan video yang asli diunggah di akun YouTube “House of Pickle” dengan judul “Epic ending to the greatest pickleball match EVER! AL Waters / L. Jansen Vs. A. Koop / M. Brascia”.

Selain itu, informasi serupa pernah dibahas oleh Pickleball Union dengan judul “Norway Robot Playing Pickleball with Humans” Goes Viral dan mengkategorikan video tersebut sebagai “just clever CGI”.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @CurieuxExplorer merupakan konten yang dimanipulasi.

=====

Referensi:
https://www.instagram.com/reel/CxODH1CI3bU/?utm_source=ig_embed&ig_rid=197605cd-7bf1-402e-a238-9fc96aac6dd7


https://www.youtube.com/watch?v=CS6mJkGiBRI


https://pickleballunion.com/norway-robot-playing-pickleball-with-humans-goes-viral/