[SALAH] Prabowo bersama TNI Turun Tangan Bela Rakyat Rempang dan Usir Investor Cina

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Tidak ditemukan keterangan dalam isi video bahwa Prabowo bersama TNI turun tangan bela rakyat Rempang dan usir Cina. Video Prabowo dan Gatot Nurmantyo dalam video tidak ada kaitannya dengan Rempang.

[KATGEORI]
Konten yang menyesatkan

[SUMBER]
Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1695727689.493369/index.html

[NARASI]
“WOW! PRABOWO, SBY & GATOT NURMANTYO BERSAMA TNI AKN PER4NG BELA RAKYAT USIR INVESTOR CINA DI REMPANG”

[PENJELASAN]
Beredar Sebuah video Youtube yang mengklaim Prabowo bersama TNI akan perang membela ralyat untuk mengusir Cina di Rempang. Pengunggah menyebut tidak hanya Prabowo saja melainkan SBY dam Gatot Nurmantyo turut serta bela rakyat Rempang.  Faktanya, di dalam video tidak ditemukan pernyataan dari ketiga tokoh itu mengenai pembelaan terhadap rakyat Rempang.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, isi video yang berdurasi sekitar 8 menit itu menampilkan video saat Prabowo memberikan pernyataan tentang kekayaan Indonesia. Video tersebut diunggah pada tahun 2018 di akun Facebook Prabowo Subianto. Selain video pidato Prabowo, dalam video terdapat pula cuplikan video Gatot Nurmantyo saat deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) tahun 2020.

Dengan demikian unggahan Youtube yang mengklaim Prabowo bersama TNI akan perang membela ralyat untuk mengusir Cina di Rempang adalah tidak benar. Unggahan tersebut termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

[REFERENSI]
https://fb.watch/niWoNC3waQ/?mibextid=Nif5oz
https://youtu.be/fxb8klOiMOo?si=jvkzwxZNeWwzpPK_