[SALAH] JOKOWI RESMIKAN PASANGAN GANJAR PRANOWO-RIDWAN KAMIL UNTUK PILPRES 2024

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Judul, isi dan thumbnail video tidak sesuai. Faktanya hingga saat ini pendamping Ganjar di Pilpres 2024 belum diputuskan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1695806806.640674/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
LAGI” PRESIDEN KEJUTKAN WARGA !! JOKOWI AMBIL ALIH KOMANDO MEGAWATI UNTUK RESMIKAN GANJAR RK…

KOMANDO PDIP DI AMBIL ALIH
JOKOWI RESMIKAN GANJAR RIDWAN K SEBAGAI DUET 2024

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video dengan klaim narasi yang menyatakan Jokowi resmikan pasangan duet Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil sebagai duet di Pilpres 2024 beredar dari channel youtube bernama AKTUAL pada 17 September 2023.

Setelah menonton keseluruhan isi video, tidak ditemukan pemberitaan terkait klaim narasi yang beredar. Thumbnail yang menampilkan Ganjar dan Ridwan Kamil sedang menandatangani dokumen tersebut merupakan hasil manipulasi.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari sindonews.com berjudul “Waketum Golkar Dorong Ganjar-RK, Politikus PDIP: Kalau Ingin Gabung Kami Terbuka” yang dimuat pada 15 September 2023.

Artikel tersebut membahas tentang Wakil Ketua Umum Partai Golkar Melchias Markus Mekeng yang mengaku mendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil di Pilpres 2024.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa Politikus PDIP Deddy Yevri Hanteru Sitorus menegaskan, penentuan pendamping Ganjar di Pilres 2024 belum diputuskan oleh ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarno Putri.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang veredar dari cahanne youtube AKTUAL tersebut tidak benar dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://nasional.sindonews.com/read/1202065/12/waketum-golkar-dorong-ganjar-rk-politikus-pdip-kalau-ingin-gabung-kami-terbuka-1694765381