[SALAH] Video Bayi Baru Lahir yang Selamat Dari Runtuhan Gempa Maroko

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya video tersebut bukan berada di Maroko melainkan di India, bayi baru lahir tersebut terkubur hidup-hidup kemudian diselamatkan oleh pasangan petani. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Twitter

https://ghostarchive.org/archive/Y56E0

= = =

Narasi:

“Here, a new born baby is dug out of the debris after a magnitude 6.8 earthquake devastates Morocco. Pray for this child :pray::skin-tone-4: #MoroccoEarthquake”

Terjemahan:

“Di sini, bayi yang baru lahir digali dari puing-puing setelah gempa berkekuatan 6,8 skala Richter menghancurkan Maroko. Doakan anak ini #Gempa Bumi Maroko”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah video yang menunjukkan bayi hidup yang berada di puing-puing tanah, bayi tersebut diklaim merupakan korban yang selamat dari gempa di Maroko. Diketahui terjadi bencana gempa berkekuatan Mw 6.8 di Maroko pada awal September 2023.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah, faktanya bayi dalam video tersebut tidak ada kaitannya dengan gempa di Maroko. Video tersebut merupakan insiden dari penemuan bayi oleh pasangan petani yang terkubur hidup-hidup dari India, melalui AFP Polisi di Kanpur Dehat, India, mengonfirmasi bahwa video tersebut direkam di Purandar dan pasangan yang menyelamatkan telah mengadopsinya.

Dengan demikian video bayi baru lahir yang diklaim selamat dari runtuhan gempa Maroko adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33V73KZ

https://www.bbc.com/news/world-asia-india-50054875

https://www.hindustantimes.com/cities/lucknow-news/newborn-rescued-after-being-buried-alive-in-knp-dehat-101694286824579.html

===