[SALAH] Tragedi 98 Terjadi, Jutaan Massa Serang Aparat dan Lengserkan Jokowi

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi massa serang aparat dan lengserkan Jokowi. Narasi yang dibacakan dalam video hanya membahas opini pengamat apabila Jokowi mundur atau dimundurkan sebagai Presiden RI.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1695629915.856432/index.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “TRAGEDI 98 BENAR2 TERJADI, JUTAAN MASSA GEMPUR HABIS APARAT & LENGSERKAN JKW SAMA SEPERTI SOEHARTO!”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube Rahasia Politik mengunggah video dengan klaim jutaan massa menyerang aparat dan lengserkan Presiden Joko Widodo seperti tragedi 98 yang terjadi pada Presiden Soeharto. Klaim ini didukung dengan gambar pratinjau video yang menampilkan kericuhan.

Hasil penelusuran, gambar pratinjau tersebut bukan peristiwa kericuhan yang terjadi seperti dinyatakan dalam klaim. Foto tersebut berasal dari kanal Youtube Bisniscom pada saat aksi demonstrasi Aliansi Mahasiswa Indonesia pada 19 September 2019.

Setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi valid yang menjelaskan peristiwa tersebut. Cuplikan video yang diunggah tidak memiliki kaitan dengan klaim yang disebutkan. Selain itu, narator hanya membacakan ulang artikel yang diunggah oleh Gelora dengan judul “Andai Jokowi Mundur Atau Dimundurkan.”

Artikel tersebut diunggah pada 21 Juli 2021 tersebut berisi kritikan pedas dari pemerhati politik M. Rizal Fadillah mengenai kepemimpinan Jokowi. Ia juga menyampaikan opini apabila Presiden Jokowi mundur atau dimundurkan dari jabatan Presiden Republik Indonesia.

Sebelumnya, klaim serupa sempat beredar. Namun hingga saat ini tidak ada media kredibel yang menyatakan kebenaran peristiwa pelengseran Jokowi.

=====

[REFERENSI]: