[SALAH] Perintah SBY: PAN, Demokrat, dan PKS Deklarasi Anies Presiden 2024

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada kaitan antara klaim dengan narasi yang dibacakan dalam video. Narasi pada video menjelaskan aksi demonstrasi yang dilakukan oleh Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) berkaitan dengan proyek Rempang Eco City.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1695630161.999945/index.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “Perintah sby !! Kader pan demokrat & PKS bersatu dukung & deklarasi anies presiden 2024”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube GARUDA POLITIK mengunggah video dengan klaim Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Demokrat bersatu untuk mendukung bakal calon presiden Anies Baswedan. Hal ini disebut atas perintah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Namun narasi yang dibacakan pada video tidak memiliki kaitan dengan klaim tersebut. Narasi tersebut identik dengan artikel CNN Indonesia yang berjudul “PA 212 dan FPI Gelar Aksi 209 Bela Rempang di Patung Kuda Hari Ini.”

Artikel yang diunggah pada 20 September 2023 ini berisi tentang PA 212, Front Persaudaraan Islam (FPI), Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama, dan sejumlah organisasi masyarakat (ormas) lainnya yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) yang menggelar demonstrasi bertajuk ‘Aksi 209 Bela Rempang’ pada 20 September 2023.

Berdasarkan poster yang beredar, aksi tersebut digelar di Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat. Pada aksi ini, massa menuntut pemerintah untuk menghormati hak penduduk asli Kampung Tua Pulau Rempang dengan menghentikan pembangunan kawasan Rempang Eco City serta mencabutnya dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Dalam video juga tidak ada penjelasan terkait perintah SBY untuk mendukung Anies Baswedan. Dikutip dari CNBC Indonesia, saat ini PAN, PKS, dan Demokrat berada di koalisi yang berbeda. PAN dan Demokrat tergabung dalam koalisi yang mendukung bakal calon presiden Prabowo Subianto. Sedangkan PKS tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang mendukung Anies Baswedan.

Selain itu, gambar pratinjau yang ditampilkan pada video bukan merupakan acara deklarasi PAN, Demokrat, dan PKS untuk mendukung Anies Baswedan. Foto aslinya berasal dari cuitan akun Anies pada acara Temu Kebangsaan Relawan di Tennis Indoor Senayan pada 21 Mei 2023.

=====

[REFERENSI]: