[SALAH] Anies Gagal Menjadi Calon Presiden Gara-Gara Ini

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Anies Baswedan gagal nyapres di Pilpres 2024 adalah konten yang tidak benar. Judul, isi video dan narasi dalam video tidak sesuai. Tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:https://archive.cob.web.id/archive/1695370230.833164/index.html

====
[NARASI]: “SEMUA KELICIKAN ANIES BASWEDAN TERUNGKAP MALAM INI”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “Benang Merah” mengunggah video dengan klaim bahwa Anies Baswedan gagal nyapres di Pilpres 2024 mendatang. Faktanya tidak ada bukti valid ataupun pernyataan resmi mengenai hal tersebut.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Video hanya mengulas kembali pidato kemenangan Anies di Pilkada DKI saat mengalahkan Ahok dulu. Pidato tersebut dinilai rasis dan kembali ramai diperbincangkan menuju Pilpres 2024. Ternyata narator hanya membacakan narasi dari suara.com yang berjudul “Anies Baswedan Dituding Rasis Gegara Pidatonya Viral Saat Kalahkan Ahok di Pilkada DKI”.

Video berdurasi 8 menit tersebut sama sekali tidak membahas mengenai gagalnya Anies menjadi calon Presiden 2024. Setelah dilakukan penelusuran, tidak ada bukti valid terkait klaim tersebut. Lebih lanjut dilansir dari bbc.com, pada tanggal 2 September 2023 lalu Anies dan Cak Imin bahkan sudah mendeklarasikan dirinya sebagai bacapres dan bacawapres di Pemilu 2024.

==========

[REFERENSI]

[1] https://mamagini.suara.com/read/2023/06/20/150049/anies-baswedan-dituding-rasis-gegara-pidatonya-viral-saat-kalahkan-ahok-di-pilkada-dki
[2] https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-66681078

sumber asli: https://youtu.be/4ppzBLrtZH4?si=Xw-D2-76n-a8Tav7