[SALAH] KETUM DEMOKRAT BERSAMA RIBUAN RELAWAN BERALIH DUKUNG GANJAR PRANOWO

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo
Tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim yang beredar. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1695013963.138002/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
Demokrat putar haluan , ribuan relawan bersama ketum Demokrat beralih dukung Ganjar Pranowo

BREAKING NEWS
MENDADAK DUKUNG GANJAR
RIBUAN RELAWA DEMOKRAT TINGGALKAN ANIES

=======

[PENJELASAN]:
Channel youtube bernama PINTER POLITIK membagikan sebuah video yang menampilkan thumbnail swafoto Agus Harimurti Yudhoyono bersama Ganjar Pranowo dengan narasi yang menyatakan bahwa ketum Demokrat bersama ribuan relawan beralih dukung Ganjar Pranowo.

Setelah ditelusuri, dari awal hingga akhir video tidak ditemukan informasi valid terkait klaim narasi yang beredar. Video tersebut hanya berisi cuplikan berapa video dari peristiwa berbeda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari cnnindonesia.com berjudul “SBY Siap Bertemu Mega, PDIP Syaratkan Dukung Ganjar Dulu” yang diunggah pada 10 September 2023.

Thumbnail yang menampilkan AHY berswafoto bersama Ganjar tersebut merupakan hasil manipulasi dari foto ketika AHY berswafoto dengan Anies Baswedan di kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, 2 Maret 2023.

Foto aslinya dimuat pada artikel tribunnews.com berjudul “AHY: Demokrat Serahkan ke Anies Baswedan soal Sosok Cawapres yang Dipilih di Pilpres 2024”.

Dengan demikian, klaim narasi yang dibagikan dalam video unggahan channel youtube PINTER POLITIK tersebut adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

[REFERENSI]:
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230910132613-617-997102/sby-siap-bertemu-mega-pdip-syaratkan-dukung-ganjar-dulu

https://aceh.tribunnews.com/2023/03/02/ahy-demokrat-serahkan-ke-anies-baswedan-soal-sosokcawapresyang-dipilih-di-pilpres-2024