[SALAH] GAK PUNYA MUKA  ANIES BAR BAR BONGKAR DANA KORUP YANG DI LAKUKAN PD1P

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim Anies Baswedan membongkar dana korupsi yang dilakukan oleh PDIP. Unggahan tersebut telah dimanipulasi baik judul maupun cover. Judul dan narasi yang disampaikan tidak saling berhubungan, meskipun sama-sama menyinggung permasalahan korupsi namun tidak ada pernyataan tentang Anies yang membongkar dana korupsi PDIP.

=========
[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1695342621.177347/youtu.be/IB5AvepGDO8%40si%3D0ufRG3PII62v1j-P.html (Youtube)

=====
[NARASI]: “GAK PUNYA MUKA :red_circle: ANIES BAR BAR BONGKAR DANA KORUP YANG DI LAKUKAN PD1P”

============
[PENJELASAN]:
Akun Suasana Politik Indonesia pada 17 September 2023 mengunggah video dengan judul GAK PUNYA MUKA :red_circle: ANIES BAR BAR BONGKAR DANA KORUP YANG DI LAKUKAN PD1P”. Unggahan yang berdurasi 8 menit 1 detik itu tidak menyampaikan narasi yang menyatakan bahwa Anies membongkar dana korupsi yang dilakukan oelh PDIP. Unggahan tersebut juga menampilkan beberapa cuplikan video dari acara Mata Najwa pada episode membahas korupsi dana bansos.

Unggahan tersebut menarasikan sebuah artikel yang berjudul “Lapor Bu Mega & Pak Ganjar! PDIP Jadi Partai Terkorup RI Nih” yang diunggah pada laman headtopics.com tanggal 14 September 2023. Artikel ini berisi tentang jumlah korupsi yang cukup tinggi di Indonesia dan PDIP menjadi partai yang banyak terjerat korupsi pada kurun waktu 2011-2023.

==========
[REFERENSI]:
– https://headtopics.com/id/lapor-bu-mega-pak-ganjar-pdip-jadi-partai-terkorup-ri-nih-44295683
– https://youtu.be/1gxCcRzGf8o?si=rQiE088jWxeQ5LLE