[SALAH] Tautan Isi Kuisioner Oleh UNICEF Berhadiah Uang

Hasil periksa fakta Rahmah an.

Informasi salah, UNICEF Indonesia tidak memiliki program atau kegiatan yang melibatkan pengisian kuisioner berhadiah uang.

=====
[KATEGORI]: Konten Palsu

=====
[NARASI]:
“UNICEF – Subsidi pemerintah Setiap orang dapat menikmati subsidi pemerintah PBB, klik tautan untuk mendapatkannya.”

=====

[SUMBER]:
https://web.archive.org/web/20230911095232/https://promising.top/BtaF7l/UNICE-Government-subsidies#61694425966074

=====
[PENJELASAN]

Beredar melalui pesan berantai link yang mengarahkan pada website yang mengklaim United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF) Indonesia membagikan uang sebesar Rp. 11.024.000 jika mengisi kuisioner yang disediakan.

Faktanya, dilansir dari liputan6.com, UNICEF Indonesia tidak memiliki program atau kegiatan yang melibatkan pengisian kuisioner berhadiah uang. Jika dilihat dari domainnya, situs UNICEF menggunakan domain “.org” yaitu www.unicef.org/indonesia.

Pesan berantai yang tersebar merupakan upaya phishing. Mereka menyasar masyarakat untuk mendapatkan data seperti umur, jenis kelamin, dan juga data pribadi lainnya.

UNICEF Indonesia mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati terhadap website yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya dan memakai trik iming-iming hadiah. Maka dari itu pesan berantai tersebut adalah hoaks dan masuk kategori konten tiruan.

=====
[REFERENSI]
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/5377353/waspada-situs-palsu-catut-unicef-minta-warga-isi-kuesioner-berhadiah-uang?

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/08/22/153000082/-hoaks-penawaran-subsidi-dari-unicef-melalui-tautan?