[SALAH] DIUSUNG 8 PARTAI PENDUKUNG JOKOWI, ANIES RESMI UMUMKAN PRABOWO SEBAGAI CAWAPRES 2024

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktaya tidak ditemukan informasi kredibel terkait Anies Baswedan mengumumkan Prabowo Subianto sebagai cawapres dirinya di Pilpres 2024. Selain thumbnail yang merupakan hasil manipulasi, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1692972054.97636/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
JOKOWI PANIK!! DIUSUNG 8 PARTAI PENDUKUNG JOKOWI, ANIES RESMI UMUMKAN PRABOWO SEBAGAI CAWAPRES 2024!

~~ MENGEJUTKAN..!!!
ANIES-PRABOWO RESMI JADI CAPRES & CAWAPRES
JOKOWI PANIK!! DIUSUNG 8 PARTAI PENDUKUNG JOKOWI
ANIES RESMI UMUMKAN PRABOWO SEBAGAI CAWAPRES 2024!

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan Anies Baswedan resmi mengumumkan Prabowo Subianto sebagai cawapres dirinya di Pilpres 2024 yang diusung oleh 8 partai pendukung Jokowi beredar dari akun youtube Rahasia Politik.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil rekayasa. Selain itu, isi video hanya menampilkan potongan dari beberapa video dan gambar berbeda yang tidak mendukung klaim tersebut.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari suara.com berjudul “Sebut Lawannya di Pilpres 2024 Punya Kekuatan Besar, Anies ke Relawan: Tapi Kita Tidak Gentar” serta artikel dari gelora.co berjudul “Sindiran Menohok Anies Baswedan Minta Negara Tak Pengaruhi Pilpres 2024: Jangan Melecehkan Rakyat”.

Dengan demikian, Klaim narasi yang disebarkan oleh channel youtube Rahasia Politik adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dikanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.suara.com/news/2023/05/07/203000/sebut-lawannya-di-pilpres-2024-punya-kekuatan-besar-anies-ke-relawan-tapi-kita-tidak-gentar

https://www.gelora.co/2023/05/sindiran-menohok-anies-baswedan-minta.html