[SALAH] Baliho Ganjar Bertuliskan Ganja Untuk Semua

Gambar suntingan atau editan. Pada baliho aslinya di beberapa wilayah Indonesia yang dikutip dari sumber kredibel terulis “Ganjar Untuk Semua”.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

======

[SUMBER]: FACEBOOK (https://archive.fo/sfGff)

======

[NARASI]:

“GANJA UNTUK SEMUA CEBONG
Saking semangat 45 pasang baliho, lupa satu huruf jadi lain artinya…hahahaah BeginiLah KaLau Mau Menipu Rakyat … Akhirnya SaLah Tulis Nama , PadahaL Percetakan yg Bust , ko” Bisa Matanya Manusia yg Banyak Padang gak Bisa Baca…Tulisan Namanya Ganjar Pranowo….!!!”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Facebook mengunggah foto yang memperlihatkan sebuah baliho dengan wajah Ganjar Pranowo bertuliskan ganja untuk semua. Dalam narasinya, akun tersebut mengklaim bahwa pembuat baliho melakukan salah tulis nama.

Berdasarkan hasil penelusuran menggunakan reverse image search, foto baliho tersebut merupakan hasil editan atau manipulasi.

Dilansir dari laman tribunnews, baliho identik terpampang di beberapa wilayah di Indonesia seperti di Kota Manado, dan Kota Bogor. Dalam baliho tersebut tertulis Ganjar untuk semua bukan ganja untuk semua.

======

REFERENSI:

https://bogor.tribunnews.com/2023/08/02/baliho-prabowo-dan-ganjar-mejeng-di-gerbang-suryakencana-bogor-pengamat-bilang-hanya-sia-sia

https://manado.tribunnews.com/2023/08/03/pemilu-2024-semakin-dekat-baliho-caleg-dan-capres-bertebaran-di-sudut-kota-manado