[SALAH] Patung Jokowi di Gerbang Stadion JIS

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Foto tersebut hasil manipulasi. Faktanya itu adalah patung Fir’aun yang dipamerkan dalam pameran Mesir kuno di Jepang tahun 2021. 

==========
[KATEGORI]
Parodi/Satire

==========
[SUMBER]
Facebook
https://archive.cob.web.id/archive/1695193964.183637/index.html#singlefile.html

==========
[NARASI]
“patung ini akan menghiasi gerbang stadion jis setelah di renovasi sebagai penghargaan 2 periode memimpin negri ruwetnesia..”

===========
[PENJELASAN] 
Sebuah akun Facebook mengunggah foto patung yang menyerupai Jokowi. Ia mengklaim bahwa patung itu akan menghiasi gerbang Stadion Jakarta Internasional Stadion (JIS) setelah selesai direnovasi. Faktanya, foto tersebut adalah hoaks hasil manipulasi gambar.

Berdasarkan penelusuran Google Image Search, ditemukan foto yang mirip dengan rangka patung tersebut. Foto aslinya adalah foto patung Fir’aun saat berada di pameran bertajuk “Acient Egypt Exhibition” yang digelar di Tokyo Jepang pada 2021. 

Dilansir dari japantravel.com, pameran ini memamerkan berbagai karya dari Museum Mesir Berlin, yang memiliki salah satu koleksi khusus Mesir terlengkap di dunia. Total sekitar 130 karya yang dipamerkan, termasuk artefak hasil galian yang dipamerkan di Jepang untuk pertama kalinya.

Foto tersebut digubah menggunakan software pengolah gambar dengan mencantumkan wajah Jokowi. Dengan demikian, unggahan Facebook yang menampilkan patung berwajah Jokowi adalah hoaks kategori konten parodi. 

=============
[REFERENSI] 
https://images.app.goo.gl/zwBjFXNUGw4m5iEf7
https://en.japantravel.com/tokyo/ancient-egypt-exhibition/67742