[SALAH] Lilly Wenda Tolak Beasiswa dari Erick Thohir

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan judul yang mengklaim bahwa Lilly Wenda menolak tawaran beasiswa dari Erick Thohir merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, tidak ada pernyataan dan pemberitaan resmi seperti yang disebutkan pada unggahan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1695027937.947999/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: ‚ÄúLily Wenda Tolak Mobil Pemberian Erick Thohir – Justru Lebih Memilih Desanya Dialiri Listrik dan Air”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube Jurnal Informasi (https://www.youtube.com/@jurnaliser) pada 21 Agustus 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mendatangi rumah Lilly Wenda di Papua. Pada kesempatan itu, Erick Thohir memberikan beasiswa dan beberapa hadiah lainnya, namun ditolak oleh Lilly yang justru mengatakan bahwa alangkah mulianya jika hadiah tersebut dialokasikan untuk pembangunan di desanya.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya tidak ada satu pun pernyataan dan pemberitaan resmi terkait klaim seperti yang disebutkan pada unggahan.

Pada kenyataannya, Lilly Wenda tidak mendapatkan beasiswa dari Erick Thohir, melainkan dari PT Pegadaian berupa beasiswa Tabungan Emas sebesar Rp 291 juta pada Senin, 24 Agustus 2023. Sebelumnya, diketahui pula bahwa sosok Lilly menjadi generasi pertama yang mewakili Provinsi Papua Pegunungan dalam formasi pasukan pengibar pada Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2023 lalu.

Sumber: Tribun Sorong

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube Jurnal Informasi merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://sorong.tribunnews.com/2023/08/22/lilly-wenda-terima-beasiswa-tabungan-emas-dari-pt-pegadaian-total-hadiah-tim-rp-291-juta
https://manado.antaranews.com/berita/233241/pt-pegadaian-apresiasi-ke-paskibraka-nasional-2023-dengan-beasiswa-tabungan-emas