[SALAH] Yogyakarta Dikubur Ombak Tsunami

Hasil periksa fakta Vendra Panji

Isi video tersebut hanya membahas sebuah artikel yang berisi himbauan BMKG mengenai potensi munculnya gelombang tinggi di beberapa wilayah pesisir Indonesia pada Desember 2022 yang lalu.

===========

[KATEGORI]: Konten dimanipulasi

===========

[SUMBER]: YOUTUBE https://archive.cob.web.id/archive/1694521290.369153/index.html 

===========

[NARASI]: “LIVE ; YOGYAKARTA TERKUBUR OMBAK… RIBUAN WARGA TAMAT BERGELIMPANGAN TSUNAMI GULUNG SEISI KOTA”

===========

[PENJELASAN]: Pada 12 September 2023 lalu muncul unggahan video di Youtube dari akun bernama Cctv Bencana mengklaim jika Yogyakarta sedang dikubur oleh ombak.

Namun setelah disimak lebih lanjut, isi dari video tersebut hanya membacakan ulang sebuah artikel yang diunggah pada 14 Desember 2022 lalu oleh jpnn.com dengan judul “Peringatan Dini, Gelombang Tinggi 6 Meter Berpotensi Melanda Wilayah Ini”.

Dalam artikel tersebut sendiri hanya menjelaskan jika BMKG memberikan informasi tentang peringatan dini potensi gelombang tinggi antara satu hingga enam meter di wilayah pesisir perairan Indonesia pada 14 sampai 15 Desember 2022. Artikel tersebut juga tidak menyebutkan wilayah pesisir Yogyakarta masuk dalam wilayah yang berpotensi muncul gelombang tinggi.

Berdasarkan telusuran tersebut maka klaim yang mengklaim Yogyakarta telah terkubur ombak tsunami adalah informasi yang tidak benar. Isi video tersebut hanya membahas sebuah artikel yang berisi himbauan BMKG mengenai potensi munculnya gelombang tinggi di beberapa wilayah pesisir Indonesia pada Desember 2022 yang lalu.

===========

 [REFERENSI] :

https://www.jpnn.com/news/peringatan-dini-gelombang-tinggi-6-meter-berpotensi-melanda-wilayah-ini