[SALAH] Anies Baswedan Pimpin Demo di Rempang Batam

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi Anies Baswedan pimpin demo di Rempang, Batam. Video berisi cuplikan pidato Anies pada Apel Siaga Perubahan Partai Nasdem. Sedangkan narasi yang dibacakan hanya menjelaskan tanggapan Anies soal konflik di Rempang.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1694769088.813858/index.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “Merinding !! Anies pimpin demo di Batam Rempang , rezim pasti guncang melihat ini”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube NEGARA POLITIK mengunggah video dengan klaim bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan memimpin demo yang dilakukan warga Rempang Batam. Diberitakan sebelumnya, warga lakukan demonstrasi penolakan relokasi. Relokasi ini berkaitan dengan proyek Rempang Eco City yang rencananya akan dibangun di Pulau Rempang.

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi valid mengenai klaim yang disebutkan dalam video. Cuplikan dan narasi yang dibacakan dalam video tidak berkaitan dengan klaim yang tertera.

Cuplikan pada video bukanlah momen Anies Baswedan memimpin demo warga Rempang, melainkan pidato dan doa Anies di acara Apel Siaga Perubahan Partai Nasdem yang dilaksanakan pada 16 Juli 2023.

Dalam pidatonya, Anies menyampaikan maksud perjuangan Partai NasDem ke depan untuk mengumpulkan tekad, komitmen dalam perubahan restorasi untuk Indonesia.

Sedangkan narasi yang dibacakan dalam video identik dengan artikel yang diunggah Tribun Medan dengan judul “ANIES BASWEDAN Sentil Jokowi Soal Konflik Tanah di Pulau Rempang: Investasi Picu Penderitaan!”

Artikel tersebut berisi tanggapan Anies Baswedan mengenai konflik di Pulau Rempang, Batam, Kepulauan Riau. Eks Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu bahkan menyentil pemerintahan Presiden Joko Widodo soal investasi. Anies menegaskan, bahwa investasi bukan hanya untuk memperkaya para investor.

Menurut Anies, apabila investasi justru membuat warga semakin menderita, pemerintah disebut patut melakukan koreksi atas kebijakan yang ada. Eks Gubernur DKI Jakarta itu menilai upaya damai perlu dilakukan dalam konflik semacam di Pulau Rempang.

=====

[REFERENSI]:

– https://medan.tribunnews.com/2023/09/13/anies-baswedan-sentil-jokowi-soal-konflik-tanah-di-pulau-rempang-investasi-picu-penderitaan
– https://www.youtube.com/watch?v=lA-h_1P_ado&ab_channel=KOMPASTV
– https://bisnis.tempo.co/read/1771425/demo-penolakan-rempang-eco-city-berakhir-ricuh-bp-batam-kerugian-mencapai-rp-250-juta