[SALAH] “Hati-hati WhatsApp JANGAN menekan tombol BLOCK karena disembunyikan link yang akan merampok isi rekening kita”

MENYESATKAN, BUKAN digunakan untuk menyembunyikan tautan. FAKTA: tombol blokir adalah fitur bawaan aplikasi, TIDAK bisa digunakan untuk menyembunyikan tautan. Selain itu, yang ditampilkan di tangkapan layar yang dibagikan adalah fitur baru “Safety Tools” yang mulai diperkenalkan di versi Beta 2.23.16.6 aplikasi WhatsApp.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/VOITB (arsip cadangan).

NARASI: “Ijin share Bapak/Ibu…Hati2 kalau ada yang tiba2 mengirim WA seperti ini.

*JANGAN menekan tombol BLOCK, karena disitu disembunyikan link yg akan merampok isi rekening kita*

*Jika mau mem-BLOCK, blokirlah melalui fitur BLOCK di aplikasi WA kita*

Sepertinya si pengirim sudah mempelajari bahwa penerima pasti akam memblok nomor tsb, sehingga dia “pancing” dg menyediakan “tombol” block.
Hati2 ya😥😥😥😥”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu” [1]

SUMBER membagikan fitur baru “Safety Tools” yang mulai diperkenalkan di versi Beta 2.23.16.6 aplikasi WhatsApp dengan menambahkan narasi yang MENYESATKAN. FAKTA: BUKAN digunakan untuk menyembunyikan tautan, tombol blokir adalah fitur bawaan aplikasi yang TIDAK bisa digunakan untuk menyembunyikan tautan.

Hasil Pencarian Fakta

Salah satu sumber yang membahas mengenai fitur Safety Tools, WABetaInfo pada 27 Juli 2023: “… aplikasi akan menampilkan layar baru saat pertama kali pengguna menerima pesan dari nomor telepon yang tidak dikenal. Dengan layar alat keamanan baru, WhatsApp bertujuan untuk menjelaskan apa yang dapat dilakukan pengguna saat menerima pesan tersebut. Seperti biasa, mereka dapat memblokir kontak yang tidak dikenal atau melaporkannya ke tim moderasi. Selain itu, WhatsApp juga memberikan beberapa informasi kepada pengguna mengenai cara tetap aman dalam obrolan dengan memeriksa nama profil, foto profil, dan kode negara nomor telepon. …” [2]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google News, kata kunci: “whatsapp safety tools” [3]

Whatsapp FAQ, “Memblokir dan Melaporkan Kontak” dan “Cara Memblokir dan Melaporkan Kontak” (Android) [4] [5]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] wabetainfo.com: “WhatsApp beta untuk Android 2.23.16.6: apa yang baru?” (Google Translate), https://bit.ly/3RiqYEo / https://archive.ph/6YlgB (arsip cadangan).

[3] google.com, https://bit.ly/3Lqo3FI / https://ghostarchive.org/archive/DbZ4W (arsip cadangan).

[4] faq.whatsapp.com, https://bit.ly/3RFoFvt / https://archive.ph/x10Cr (arsip cadangan).

[5] faq.whatsapp.com, https://bit.ly/3rdOGa8 / https://archive.ph/gSr6g (arsip cadangan).