[SALAH] Rocky Gerung Jalani Hukuman Penjara Seumur Hidup

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Rocky Gerung jalani hukuman penjara seumur hidup adalah konten yang tidak benar. Judul, isi video dan narasi dalam video tidak sesuai. Tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1694000743.398448/index.html

====
[NARASI]: “LIVE SIANG INI..AKHIRNYA ROCKY GERUNG JALANI HUKUMAN PENJARA SEUMUR HIDUP”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “Benang Merah” mengunggah video dengan klaim bahwa Rocky Gerung jalani hukuman penjara seumur hidup. Faktanya tidak ada bukti valid ataupun pernyataan resmi mengenai hal tersebut.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Lebih lanjut narator hanya membacakan narasi dari detik.com yang berjudul “Urusan Panjang Rocky Gerung Usai Dugaan Hina Jokowi Dipolisikan” pada 2 Agustus 2023.

Setelah dilakukan penelusuran, tidak ditemukan bukti yang kredibel terkait Rocky yang dipenjara seumur hidup. Dugaan ujaran kebencian oleh Rocky Gerung terhadap Presiden Joko Widodo memang sedikit membuat kegaduhan. Hingga membuat Rocky Gerung dilaporkan oleh relawan Jokowi terkait ujaran kebencian tersebut. Namun hingga saat ini tidak ada bukti valid bahwa Rocky ditetapkan harus menjalani hukuman penjara seumur hidup.

==========

[REFERENSI]

[1] https://news.detik.com/berita/d-6854057/urusan-panjang-rocky-gerung-usai-dugaan-hina-jokowi-dipolisikan
[2] https://news.detik.com/berita/d-6857967/relawan-jokowi-laporkan-rocky-gerung-terkait-ujaran-kebencian-ke-polda-jabar
[3] https://www.kominfo.go.id/content/detail/50540/disinformasi-rocky-gerung-ditetapkan-sebagai-tersangka-karena-menghina-presiden-jokowi/0/laporan_isu_hoaks


sumber asli: https://youtu.be/sZHmLRf-RaM?si=_o8bHYypiAJmZb4t