[SALAH] Putri Candrawati Meninggal Akibat Terkena Virus HIV

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa Putri Candrawati meninggal dunia akibat terkena virus HIV adalah konten yang dimanipulasi. Judul, isi video dan narasi dalam video tidak sesuai. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi mengenai hal tersebut.
====

[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1694003823.365512/index.html

====
[NARASI]: “ TURUT BERDUKA CITA ATAS KEPERGIAN PUTRI C”

====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “Benang Merah” mengunggah video dengan klaim bahwa Putri Candrawati telah meninggal dunia akibat terkena virus HIV. Dalam Thumbnail digambarkan jenazah disertai foto Putri C serta dilengkapi dengan narasi “TERKENA VIRUS HIV AKHIRNYA PC MENGHEMBUSKAN NAFAS TERAKHIR”. Faktanya tidak ada bukti valid terkait hal tersebut.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi valid terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu. Dalam video tersebut membahas mengenai pangkasan hukuman yang didapatkan oleh tersangka Ferdy Sambo, Putri C, Ricky Rizal, Kuat Ma’ruf.

Setelah dilakukan penelusuran, tidak ditemukan bukti yang kredibel terkait meninggalnya Putri C. Narasi dalam video tersebut diambil dari artikel detik.com yang berjudul “Tampang Putri Candrawathi Istri Sambo Saat Dijebloskan ke Lapas”. Jadi dapat disimpulkan bahwa unggahan di atas mengandung informasi yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]

[1] https://news.detik.com/berita/d-6893957/tampang-putri-candrawathi-istri-sambo-saat-dijebloskan-ke-lapas
[2] https://turnbackhoax.id/2023/04/17/salah-putri-candrawati-menghembuskan-nafas-terakhir-di-penjara/


sumber asli: https://youtu.be/m7zfvWgsw6o?si=VFIIWsS7KaSStxoR