[SALAH] Kasmojo, Dosen Pembimbing Skripsi Jokowi di UGM Jadi Buron

Informasi keliru. Narasi yang dibacakan oleh narator tidak menyebutkan bahwa Dospem Jokowi, Kasmujo dijadikan buron sebagaimana yang ditulis pada thumbnail.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

======

[SUMBER]: YOUTUBE (https://archive.fo/svMT7)

======

[NARASI]:

“KASMOJO JADI BUR0N:interrobang:TERUNGKAP FAKTA DOSEN PEMBIMBING SKRIPSI PAK LURAH ABALĀ²”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah kanal Youtube bernama ARENA POLITIK mengunggah video berjudul “KASMOJO JADI BUR0N:interrobang:TERUNGKAP FAKTA DOSEN PEMBIMBING SKRIPSI PAK LURAH ABALĀ²”. Pada bagian thumbnail video tersebut memperlihatkan sosok yang diklaim sebagai dosen pembimbing Jokowi di UGM sedang di hadapan polisi.

Berdasarkan hasil penelusuran, video berdurasi 8 menit tersebut berisi cuplikan potongan video yang berbeda dan tidak berkaitan. Narasi yang dibacakan oleh narator tidak menyebutkan bahwa Dospem Jokowi, Kasmujo dijadikan buron sebagaimana yang ditulis pada thumbnail.

Narator dalam video membacakan artikel yang diunggah oleh situs Fajar.co.id berjudul “Jokowi Dikabarkan Masuk SMA pada 1980 Tetapi Wisuda di UGM Tahun 1985, Warganet: Hanya 2 Tahun Jadi Sarjana??” yang dipublikasikan pada 11 Oktober 2022.

Artikel itu memuat rekam pendidikan Jokowi yang dianggap masih menjadi polemik di media sosial. Hasil penelusuran lebih lanjut juga tidak ditemukan adanya berita terkait ditetapkannya Dospem Jokowi di UGM sebagai buron, lantaran masa pendidikan sarjana Jokowi yang dinilai janggal oleh warganet.

Selain itu Dosen pembimbing skripsi Jokowi di UGM bernama Ir. Kasmudjo, MS. bukan Kasmojo seperti pada klaim di judul video.

======

REFERENSI:

https://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-dosen-pembimbing-jokowi-di-ugm-jadi-buronan-21097-mvk.html