[SALAH] Video “TEKA TEKI CAWAPRES GANJAR TEMUI TITIK TERANG”

MENYESATKAN, judul umpan klik (Clickbait). FAKTA: video sebenarnya berisi gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, pembacaan artikel dari media opini, dan potongan-potongan video yang konteksnya TIDAK berkaitan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/Ji8To (arsip cadangan).

NARASI: “TEKA TEKI CAPRES GANJAR TEMUI TITIK TERANG.. SOSOK KUAT DI NU INI YANG DIPILIH JOKOWI & MEGA.”

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Dimanipulasi: Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”. [1]

SUMBER membagikan konten hasil MANIPULASI yang menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: konten yang dibagikan menggunakan judul umpan klik (Clickbait). Video sebenarnya berisi gambar pratinjau (thumbnail) hasil SUNTINGAN, pembacaan artikel dari media opini, dan potongan-potongan video yang konteksnya TIDAK berkaitan.

Verifikasi Video

Salah satu sumber foto ASLI yang identik dengan foto hasil SUNTINGAN di gambar pratinjau video, Kementerian Agama RI Kanwil Provinsi Sulawesi Tenggara pada 19 Feb 2016: “Kendari, (Inmas Sultra) — Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara (Unusra), Prof. DR. H. Nasruddin Suyuti, M.Si dilantik oleh Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bersama Ketua Umum (Ketum) PBNU di Gedung PBNU, Jalan Kramat Raya No 164 Jakarta, Jumat (29/01/2016) lalu. …” [2]

Artikel yang dibaca di video, SEWORD pada 10 Mei 2023: “… Kiai Said Agil Sirodj lahir di Cirebon 3 Juli 1953 adalah mantan Ketua PBNU masa khidmat 2010-2022 yang saat ini menjabat sebagai Mustasyar (Penasehat) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama masa khidmat 2022-2026. Beliau juga pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon. …” [3]

Sumber video dengan segmen video yang identik dengan salah satu potongan video yang dibagikan oleh SUMBER, TVNU Televisi Nahdlatul Ulama di YouTube pada 14 Jul 2023: “#TVNU #NahdlatulUlama #NU Ketua Umum PBNU, KH. Yahya Cholil Staquf atau yang biasa dikenal Gus Yahya menghadiri silaturahmi bersam PCNU dan MWCNU Se-Madura di PP Syaichona Moh Cholil Bangkalan pada 12 Juli 2023. …” [4]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google Videos dan Google News, kata kunci: “gus yahya silaturahmi pcnu mwcnu madura”. [5] [6]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] sultra.kemenag.go.id: “Rektor Unusra Dilantik di Jakarta”, https://bit.ly/3sJEGpx / https://ghostarchive.org/archive/5Yf6n (arsip cadangan).

[3] seword.com: “Ganjar Pranowo Kiai Said Aqil Paslon Capres Cawapres, Nasionalis Religius Menuju 2024”, https://bit.ly/3Pc2f21 / https://ghostarchive.org/archive/nNOex (arsip cadangan).

[4] youtube.com: “Gus Yahya: NU Tidak Minta-Minta ke Pemerintah”, https://bit.ly/45Mly91 / https://ghostarchive.org/archive/10Cm0 (arsip cadangan).

[5] google.com, https://bit.ly/3PsvcYO / https://ghostarchive.org/archive/0HKrm (arsip cadangan).

[6] google.com, https://bit.ly/3r3fud5 / https://ghostarchive.org/archive/vtF72 (arsip cadangan).