[SALAH] TUDUH GIBRAN DAN KAESANG KORUPSI, RIZAL RAMLI DAN AMIN RAIS TERANCAM DIPROSES HUKUM

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim narasi yang beredar. Selain video hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan, thumbnail yang ditampilkan pada video tersebut merupakan hasil manipulasi.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1692971879.39994/index.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
BARISAN SAKIT HATI TUDUH GIBRAN & KAESANG KORUPSI..TUDUHAN RIZAL R & AMIN R BERUJUNG DI MEJA HIJAU !

BARISAN SAKIT HATI BERULAH
TUDUH GIBRAN & KAESANG KORUPSI
RIZAL RAMLI DAN AMIN RAIS TERANCAM DI PROSES HUKUM

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan Rizal Ramli dan Amin Rais terancam diproses hukum akibat tuduh Gibran dan Kaesang Korupsi beredar dari channel youtube POLITIK NUSANTARA pada 25 Agustus 2023.

Setelah dilakukan penelusuran, isi video hanya menampilkan potongan dari beberapa video berbeda yang tidak mendukung klaim yang beredar. Selain itu, thumbnail yang menampilkan Rizal Ramli dan Amin Rais berada di kantor polisi tersebut merupakan hasil manipulasi.

Narator dalam video tersebut hanya membaca ulang artikel dari seword.com berjudul “Kalau Gibran dan Kaesang Harus Diperiksa tanpa Bukti Pendahuluan, Rusaklah Negeri Ini” yang diunggah pada 23 Agustus 2023.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang disebarkan oleh channel youtube POLITIK NUSANTARA adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanpulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://seword.com/umum/kalau-gibran-dan-kaesang-harus-diperiksa-tanpa-olH1GnNDao