[SALAH] Panji Gumilang Ditahan, Santri Bakar Habis Al Zaytun

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim pembakaran habis Al Zaytun oleh para santri karena Panji Gumilang telah resmi ditahan adalah hal yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Koneksi Yang Salah

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1693275713.954754/index.html (youtube)

====
[NARASI]:
โ€œGEMPAR MALAM INI || PANJI G DITAHAN, RIBUAN SANTRI B4KAR HABIS AL ZAYTUNโ€

====

[PENJELASAN]:

Pada 24 Agustus 2023 sebuah channel youtube dengan nama Kabar News (https://www.youtube.com/@kabarnews672) mengunggah sebuah video dengan klaim pembakaran habis Pondok Pesantren Al Zaytun yang dikarenakan penangkapan Panji Gumilang selaku pemilik.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, video dengan durasi 8 menit 3 detik tersebut tidak sesuai dengan klaim yang disampaikan pada judul dan thumbnail. Hal tersebut dikarenakan narator video justru menyampaikan mengenai para santri Al Zaytun yang melakukan demo permohonan pembebasan Panji Gumilang di kantor Kementrian Agama Republik Indonesia dikarenakan masa penahanan Panji telah lebih dari 20 hari. Narator video tidak sama sekali membahas terkait aksi pembakaran yang dilakukan oleh santri Al Zaytun.

Tak hanya itu, potongan video yang digunakan di dalam konten tersebut juga bukanlah rekaman asli dari klaim yang disampaikan pada judul dan thumbnail. Contohnya saja seperti pada menit ke 0:25 yang merupakan potongan video milik RHLG TV Channel (https://youtube.com/@rhlgchannel?si=7ryZFA2OCt4Fm83N) yang berisikan aksi demo yang dilakukan oleh Simpul Pemuda Lintas Agama Dan Keyakinan sebagai bentuk tuntutan kemerdekaan beragama dalam rangka HUT RI ke-78th. Sehingga, tidak terdapat korelasi antara video yang digunakan dengan narasi yang disampaikan.

Oleh sebab itu, video dengan klaim pembakaran Al Zaytun karena ditangkapnya Panji gumilang adalah tidak benar.

==========

[REFERENSI]
https://youtu.be/X64Ae3SemjA?si=Ino1b0bhormiAxGR