[SALAH] Jokowi Penjarakan Rocky Gerung

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim bahwa Jokowi memerintahkan apparat untuk segera memenjarakan Rcky Gerung. Faktanya hal tersebut tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1691983252.156877/singlefile.html (youtube)

====
[NARASI]:
“GEGER MALAM INI..!! JOKOWI PERINTAHKAN SEGERA PENJARAKAN ROCKY GERUNG”

====

[PENJELASAN]:

Pada 13 Agustus 2023 sebuah channel youtube dengan nama Benang Merah (https://www.youtube.com/@benangmerah5232) mengunggah sebuah video dengan klaim Presiden Joko Widodo memerintahkan aparat untuuk segera memenjarakan Rocky Gerung seorang akademisi dan pengamat politik yang diduga melakukan penghinaan terhadap Jokowi.

Setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, apa yang disampaikan pada klaim judul dan thumbnail tidak sesuai dengan apa yang disampaikan di dalam video. Hal tersebut dikarenakan pengunggah justru menyampaikan aksi demonstrasi yang dilakukan oleh masyarakat atas bentuk kekecewaan terhadap penghinaan yang dilakukan oleh Rocky Gerung terhadap Jokowi di mana Rocky Gerung menyebut Jokowi sebagai pemimpin yang hanya memikirkan dirinya sendiri. Selain itu, dikutip dari tempo, Rocky Gerung digugat oleh Advokat David Tobing ke Pengadian Negeri Jakarta Selatan. Sementara Presiden Jokowi, tidak memberikan komentar terkait kasus ini.

Tak hanya itu, potongan video Jokowi yang digunakan di dalam konten tersebut juga bukanlah rekaman asli dari klaim yang disampaikan pada judul dan thumbnail. Contohnya saja seperti pada menit ke 2:44 yang merupakan video milik akun youtube KOMPASTV (https://www.youtube.com/@kompastv) yang berisikan pidato milik Joko Widodo dalam acara Pembukaan Musyawarah Nasional Persatuan Perusahaan Real Estate Indonesia (MUNAS REI) ke-XVII Tahun 2023 yang diunggah pada 9 Agustus 2023 lalu.

Oleh sebab itu, video dengan klaim Jokowi memerintahkan aparat untuk memenjarakan Rocky Gerung merupakan konten yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]
[1] https://nasional.tempo.co/read/1758683/rocky-gerung-digugat-ke-pn-cibinong-buntut-pernyataannya-tentang-jokowi
[2] https://youtu.be/JtBBBK2z9sg