[SALAH] Istri Panji Gumilang dan Staff Al Zaytun Positif Pakai Narkoba

Hasil periksa fakta Pandan Wangi Sukma Listyono Putri

Unggahan video sebuah akun youtube dengan klaim istri Panji Gumilang dan staff Al Zaytun positif memakai narkoba merupakan informasi yang tidak benar. Unggahan tersebut tidak sesuai baik dari cover dan judul dengan isinya.
====

[KATEGORI]: Konten Menyesatkan

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1690821580.00121/singlefile.html (Youtube)

====
[NARASI]:
“Positif Pakai Markoba:exclamation:Panji Istri Dan Staf Alzaytun Di Bawa Ke Mabes Polri Untuk Rehabilitasi:bangbang:

====

[PENJELASAN]:

Akun youtube dengan nama Lidah Rakyat (https://www.youtube.com/@lidahrakyat6361) pada 22 Juli 2023 mengunggah sebuah video dengan klaim istri Panji Gumilang dan staff Al Zaytun dibawa ke mabes polri untuk direhabilitasi dikarenakan positif memakai narkoba

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, faktanya apa yang disampaikan pada judul video tersebut tidaklah benar. Video tersebut justru lebih menjelaskan mengenai pelecehan terhadap agama oleh Panji Gumilang yang merupakan laporan dari Ormas Tasikmalaya seperti yang ada pada video unggahan milik akun youtube KOMPASTV (https://www.youtube.com/@kompastv) yang diunggah pada 21 Juli 2023.

Tak hanya itu, cuplikan video yang digunakan di dalam video tersebut pun tidak memiliki kesesuaian dengan klaim yang disampaikan pada judul. Contohnya saja pada menit ke 2:27 yang merupakan potongan dari video milik Harian Surya (https://www.youtube.com/@TribunnewsSurya) pada 17 Juni 2023 yang berisikan video kontroversi ponpes Al-Zaytun yang mencampuran sholat antara pria dan wanita.

Oleh sebab itu, video dengan klaim istri Panji Gumilang dan staf Al Zaytun dibawa ke mabes polri untuk direhabilitasi karena positif menggunakan narkoba merupakan konten yang tidak benar.

==========

[REFERENSI]
https://youtu.be/K7FvEuGiRjY
https://youtu.be/_VKu59XGFGA