[SALAH] “Situs Giveaway Baim Wong 2023 menggunakan logo Mafindo”

Situs palsu. Kegiatan bagi-bagi hadiah oleh Baim Wong hanya akan dilakukan melalui Youtube dan Instagram live serta Facebook gaming resmi milik Baim dan Paula untuk menghindari penipuan. Selain itu logo Komunitas Mafindo (Masyarakat Antiftnah Indonesia) di situs tersebut dipasang tanpa persetujuan dari Mafindo.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten Tiruan
===========================================

Beredar sebuah situs berbagi hadiah yang mengatasnamakan aktor Baim Wong dan juga memasang logo Komunitas Mafindo (Masyarakat Antifitnah Indonesia) dengan allamat situs mez[dot]ink/b6399595.

Sumber: archive.ph/3E7Uy (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya situs berbagi hadiah yang mengatasnamakan aktor Baim Wong dan memasang logo Komunitas Mafindo (Masyarakat Antiftinah Indonesia) merupakan konten tiruan.

Faktanya, situs itu merupakan situs palsu. Kegiatan bagi-bagi hadiah oleh Baim Wong hanya akan dilakukan melalui Youtube dan Instagram live serta Facebook gaming resmi milik Baim dan Paula untuk menghindari penipuan. Selain itu logo Komunitas Mafindo (Masyarakat Antiftnah Indonesia) di situs tersebut dipasang tanpa persetujuan dari Mafindo.

Penipuan yang mengatasnamakan aktor Baim Wong ini sudah sering terjadi di dunia maya. Modusnya selain menggunakan situs palsu, juga menggunakan akun-akun media sosial palsu seperti yang pernah diperiksa faktanya melalui artikel berjudul [SALAH] “Giveaway Baim Wong melalui akun Facebook ˡᶦᵛᵉBossQiiu66” yang terbit di situs turnbackhoax.id pada 4 Agustus 2023.

Dilansir dari artikel ini, Paula, istri dari Baim Wong melakukan klarifikasi dalam video yang diunggah pada 19 Juli 2020 di kanal Youtube Baby Kiano Tiger Wong.

“Giveaway kita itu selalu ada jamnya. Jadi kalau giveaway Baim Paula itu hanya hanya ada di YouTube dan Instagram, itu pun live. Kita live karena menghindari settingan, penipuan. Kalau pun ada di Facebook, itu giveaway di Facebook gaming. Selain itu, kita tidak pernah mengadakan giveaway,” kata Paula dalam video tersebut.

Selain itu, dikutip dari situs resmi milik Mafindo, mafindo.or.id, Mafindo adalah komunitas anti-hoaks yang telah resmi menjadi lembaga nirlaba yang sah secara hukum pada tahun 2016. Mafindo melakukan berbagai kegiatan untuk melawan infodemic / wabah hoaks, seperti hoax busting, edukasi publik, seminar, sarasehan, advokasi ke berbagai pihak, membangun berbagai teknologi anti-hoaks, grassroot engagement, penelitian dan riset, dst.

Tidak ada informasi yang menyebutkan bahwa Mafindo bekerja sama dengan Baim Wong dalam kegiatan bagi-bagi hadiah di situs tersebut ataupun di akun-akun media sosial terverifikasi milik Mafindo yang lainnya.

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2023/08/04/salah-giveaway-baim-wong-melalui-akun-facebook-ˡᶦᵛᵉbossqiiu66/
https://www.mafindo.or.id/tentang-kami/

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo