[SALAH] 4 Perwira Dibekuk!! Mahfud Berhasil Ringkus Oknum Gerakan Bawah Tanah Sambo

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim 4 Perwira dibekuk!! Mahfud berhasil ringkus oknum gerakan bawah tanah FS adalah konten yang dimanipulasi. Tidak ada bukti valid terkait adanya gerakan bawah tanah dalam kasus Ferdy Sambo.

=========
[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1693310248.811023/index.html

sumber asli:https://youtu.be/604LDWN5blE?si=EgwgJF-djmuQL9CW (YouTube)

=====
[NARASI]: “4 Pewira Dibekuk!! Mahfud Behasih Ringkus Oknum Gerakan Bawah Tanah FS”

============
[PENJELASAN]:

Akun YouTube Info Viral pada 25 Agustus 2023 mengunggah video dengan klaim 4 Perwira Dibekuk!! Mahfud Berhasil Ringkus Oknum Gerakan Bawah Tanah Ferdy Sambo. Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Video tersebut tidak membahas peringkusan 4 perwira oknum gerakan bawah tanah, melainkan hanya membahas dugaan gerakan bawah tanah. Ada yang meminta FS dihukum berat tetapi juga ada yang meminta agar FS dibebaskan.

Setelah dilakukan penelusuran tidak ada bukti valid terkait penangkapan 4 perwira atas kasus gerakan bawah tanah ini. Dilansir dari kompas.com gerakan bawah tanah ini awalnya disampaikan oleh Mahfud MD. Mahfud MD menyebutkan bahwa gerakan itu sebagai gerilya. Ada yang meminta Ferdy Sambo dihukum, ada juga yang meminta eks Kadiv Propam itu dibebaskan. Walaupun demikian, Mahfud MD percaya bahwa aparat penegak hukum di Indonesia tidak akan terpengaruh dan tetap independen.
==========
[REFERENSI]:
[1] https://nasional.kompas.com/read/2023/01/26/11020951/soal-isu-gerakan-bawah-tanah-vonis-sambo-mahfud-tunggu-vonis