[SALAH] Panji Gumilang Nekat Kabur dari Sel Tahanan

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan judul yang mengklaim bahwa pendiri Ponpes Al Zaytun, Panji Gumilang, nekat kabur dari sel tahanan merupakan konten yang menyesatkan. Faktanya, judul dan thumbnail tersebut berbeda dengan isi dan narasi dalam video.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1692928709.346095/index.html (YouTube)

=======

[NARASI]: “GEGER MALAM INI || KABAR DUKA PANJI G, N£KAT K4BUR DARI TAH4N4N APARAT BERI T!ND4KAN INI”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube KABAR NEWS (https://www.youtube.com/@kabarnews672) pada 23 Agustus 2023 mengunggah video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa pendiri Pondok Pesantren Al Zaytun, Panji Gumilang, nekat kabur dari sel tahanan. Sebelumnya diketahui bahwa Ponpes Al Zaytun sendiri pernah menjadi sorotan lantaran diduga mengajarkan ajaran menyimpang.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya judul tersebut berbeda dengan isi dan narasi dalam video.

Pada kenyataannya, isi video tersebut menjelaskan mengenai kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) terkait pengelolaan Ponpes Al Zaytun di Indramayu, Jawa Barat. Diketahui bahwa penyelidikan kasus dugaan TPPU ini dilakukan berdasarkan laporan hasil analisis (LHA) yang diserahkan PPATK kepada Bareskrim. Dalam LHA tersebut, diduga terdapat tindak pidana yang dilakukan oleh Panji Gumilang.

Sumber: CNN Indonesia

Sepanjang video pun, tidak ditemukan adanya informasi mengenai Panji Gumilang yang nekat kabur dari sel tahanan seperti yang tertulis pada judul video.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube KABAR NEWS merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230721134010-12-976101/bareskrim-temukan-4-dugaan-tindak-pidana-dalam-pengelolaan-al-zaytun
https://news.detik.com/berita/d-6833857/bareskrim-panggil-pihak-al-zaytun-di-kasus-tppu-panji-gumilang-pekan-depan