[SALAH] Foto Penampakan Kota Paris yang Kotor Berserakan Sampah

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya sudah dikonfirmasi oleh pengunggah pertamanya melalui akun Facebook Nik Art bahwa foto-foto tersebut adalah hasil buatan AI dengan Midjourney. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Twitter

https://ghostarchive.org/archive/EKs1J

= = =

Narasi:

“Tampaknya itulah kondisi pasca-protes yang sering terlihat. dalam demokrasi Perancis #Paris, Prancis”

“Seperti inilah ibu kota Prancis, Paris. Kota impian… kini berubah menjadi kenyataan”

= = =

Penjelasan:

Beredar beberapa foto kota Paris yang terlihat kotor dan berserakan sampah, sebuah cuitan di Twitter yang membagikan video dari TikTok yang menunjukkan beberapa foto tersebut mengklaim bahwa foto-foto tersebut adalah kondisi pasca-protes yang terjadi di Paris pada Juli 2023.

Setelah ditelusuri klaim tersebut salah. Faktanya AFP mengidentifikasi bahwa foto-foto tersebut adalah buatan hasil AI. Hasil penelusuran dengan menggunakan Google Reverse Image ditemukan bahwa foto-foto tersebut pertama kali dipublikasi oleh akun Facebook Nik Art. Melalui AFP pemilik akun mengkonfirmasi bahwa foto-foto tersebut adalah buatan AI yang ia buat dengan menggunakan Midjourney Bot.

Mengutip dari NerdsChalk.com, Midjourney Bot adalah salah satu AI yang dapat digunakan untuk membuat karya seni hanya dengan memberikan perintah dengan kata-kata untuk mendeskripsikan gambar yang ingin kita buat, Midjourney Bot ini dapat digunakan melalui Discord.

Dengan demikian, foto penampakan Kota Paris yang kotor berserakan sampah adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33QV2QL

https://nerdschalk.com/add-midjourney-to-discord/

===