[SALAH] Daun Pohon Koral Dikonsumsi Seperti Teh Dapat Menyembuhkan Kanker

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Klaim tersebut tidak terbukti benar, faktanya pakar kesehatan menyebut perlu ada penelitian lebih lanjut apakah daun tersebut aman dikonsumsi dan efektif menyembuhkan kanker. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://archive.ph/VuIyf

= = =

Narasi:

“#penyembuhan kanker Dengan kata lain, kanker ini diketahui sebagai penyakit akar, dan waktu telah berlalu. Ini hanya akan memakan waktu beberapa bulan, Dia dirawat di rumah sakit karena penyakit kanker hati, menurut dokter, hatinya masih kecil. Saya bisa keluar dari rumah sakit lagi. Di sana, dokter meresepkan obat ekor pendek Burma. Hilang dengan obat itu. Itu karena disebut pohon, dengan kata lain disebut pohon duri. Batang pohonnya berduri penuh. Di belakang daun Ada duri. Apa yang harus dilakukan dengan daunnya! Cuci daun dewasa dengan air bersih, lalu haluskan dengan lesung. Daunnya harus diremukkan sampai durinya hancur. Kemudian gunakan kain linen putih bersih dan peras cairannya untuk membuat semangkuk teh. Minumlah cairan ini tiga kali sehari, pagi, siang, dan malam. Saya percaya kanker akan disembuhkan. Saya diberi obat karena saya kehilangan latihan. Jika ada yang menemukannya, silakan dibagikan. Tidak ada bahaya. Semoga mereka terbebas dari penyakit.”

= = =

Penjelasan:

Sebuah unggahan di Facebook dalam bahasa Myanmar membagikan informasi yang mengklaim bahwa Daun Pohon Koral dapat menyembuhkan penyakit kanker. Caranya dengan menghaluskan daun tersebut hingga daun dan durinya hancur lalu peras cairannya dengan kain linen putih lalu diminum. Pohon koral sendiri yang termasuk dalam genus Erythrina terkenal dengan kulit kayu, daun, dan bunganya yang berwarna merah cerah.

Setelah ditelusuri klaim tersebut tidak sesuai dengan anjuran ilmiah. Faktanya pakar kesehatan menyebut bahwa tidak ada bukti ilmiah jika daun pohon koral tersebut aman dikonsumsi dan efektif dapat menyembuhkan kanker. Melalui AFP, Caroline Geraghty, perawat spesialis informasi kanker dari Cancer Research UK, menyebut bahwa saat ini tidak ada bukti bahwa Erythrina dapat mengobati kanker.

Jenna Sherman, programme manager for Meedan’s Digital Health Lab, juga menyebut bahwa saat ini tidak ada obat kanker yang dibuat dari daun Erythrina yang telah disetujui oleh lembaga obat federal mana pun. Selain itu, foto yang digunakan dalam unggahan tersebut tidak menunjukkan pohon koral, melainkan pohon sutra benang yang dikenal sebagai Ceiba speciosa.

Masyarakat diharapkan untuk berhati-hati dengan hoax yang berkaitan dengan kesehatan yang bisa membahayakan seperti ini. Dengan demikian, klaim daun pohon Koral dikonsumsi seperti teh dapat menyembuhkan kanker adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33MM4CQ

https://apps.cals.arizona.edu/arboretum/taxon.aspx?id=73

===