[SALAH] “Prabowo dan Ganjar Takut Berdebat dengan Anies di Universitas Indonesia”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Prabowo dan Ganjar Takut Berdebat dengan Anies di Universitas Indonesia.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.ph/wip/v0LgO

=====

[NARASI]: Pantas Saja Prabowo Gajar K3takut4n Deb4t Dengan Anies Gagasan Anies Tak Main² Soal Kampus Kedepan.

=====

[PENJELASAN]:
Beredar unggahan video di media sosial Facebook dengan nama pengguna “Terminal hati” unggahan video tersebut bernarasi Prabowo dan Ganjar Takut Berdebat dengan Anies di Universitas Indonesia.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari cnnindonesia.com dengan judul artikel “BEM UI Undang Anies, Ganjar, Prabowo Debat di Kampus: Jika Punya Nyali”.

Thumbnail yang menampilkan sosok Anies Baswedan yang sedang berpidato, faktanya foto tersebut adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memberikan sambutan Dies Natalis ke-56 dan wisuda mahasiswa Universitas Pancasila Jakarta. Thumbnail tersebut identik dengan artikel milik suara.com dengan judul artikel “Isi Sambutan Ganjar Bikin Wisudawan Universitas Pancasila Baper, Begini Pesannya”.

Salah satu klip pada awal video yang menampilkan sosok Melki Sedek Huang ketua BEM mahasiwa UI identik dengan ungghan video dari kanal Youtube milik METRO TV dengan judul video “BEM UI Protes Biaya Kuliah Mahal”.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa Prabowo dan Ganjar Takut Berdebat dengan Anies di Universitas Indonesia adalah salah dan amsuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230822064338-617-988767/bem-ui-undang-anies-ganjar-prabowo-debat-di-kampus-jika-punya-nyali
https://www.suara.com/news/2022/11/01/122147/isi-sambutan-ganjar-bikin-wisudawan-universitas-pancasila-baper-begini-pesannya
https://www.youtube.com/watch?v=G3XQJag3cDY