[SALAH] “MINUM AIR SETELAH MAKAN DAPAT SEBABKAN PERUT BUNCIT”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Faktanya, perut buncit disebabkan simpanan lemak (trigliserida) yang dipengaruhi oleh kelebihan asupan karbohidrat, terutama karbo yang sederhana. Sedangkan minum air putih selama atau setelah makan membantu tubuh memecah dan mencerna makanan sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: INSTAGRAM
https://archive.ph/wip/bt1Ao

=====

[NARASI]: Kasus perut buncit banyak terjadi karena salah pola makan, mari kita coba tips ini yukkk

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Instagram dengan nama pengguna viviperdanaar mengunggah video dengan klaim bahwa minum air setelah makan dapat sebabkan perut buncit.

Melansir dari cekfakta.tempo.co perut buncit disebabkan simpanan lemak (trigliserida) yang dipengaruhi oleh kelebihan asupan karbohidrat, terutama karbo yang sederhana. Sedangkan minum air putih selama atau setelah makan membantu tubuh memecah dan mencerna makanan sehingga tubuh dapat menyerap nutrisi.

Ada beberapa kebiasaan buruk yang memicunya perut buncit antara lain, makan terlalu larut, kurang tidur, kurang olahraga, dan makan terlalu cepat.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa minum air setelah makan dapat sebabkan perut buncit adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://cekfakta.tempo.co/amp/2423/keliru-langsung-minum-air-setelah-makan-sebabkan-perut-buncit
https://turnbackhoax.id/2021/10/17/salah-minum-air-es-setelah-makan-membuat-perut-buncit/
https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/26/134500765/hindari-8-kebiasaan-buruk-yang-bisa-memicu-perut-buncit?page=all