[SALAH] HERU BUDI BONGKAR KORUPSI ANIES DI DEPAN MEDIA

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi yang menyesatkan. Faktanya judul, isi dan thumbnail video tidak berkaitan. Narasi yang menyatakan Heru Budi membongkar korupsi Anies Baswedan di depan media adalah tidak benar.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/24SK-UXCX (Youtube)

=======

[NARASI]:
Anies ketakutan , depan awak media Heru budi bongkar mega korupsi si tikus yaman

BREAKING NEWS
MAMPUS..ANIES KERINGAT DIGIN
DIDEPAN AWAK MEDIA HERU BONGKAR MEGA KORUPSI ANIES

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama PINTER POLITIK dengan narasi yang menyatakan bahwa Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono membongkar korupsi Anies Baswedan di depan media.

Setelah menonton keseluruhan isi video, tidak terdapat informasi yang mendukung klaim yang beredar. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak berkaitan.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut identik dengan artikel seword.com berjudul “Heru Budi Piaraan Rezim, Lalu Anies Piaraan Siapa?” yang diunggah pada 22 Oktober 2022.

Thumbnail yang menampilkan Heru Budi dan Anies Baswedan tersebut identik dengan foto unggahan artikel cnnindonesia.com berjudul “Heru Buka Lagi Posko Pengaduan Balai Kota yang Hilang di Era Anies” yang dimuat pada 17 Oktober 2022.

Dalam foto aslinya tidak menampilkan sosok Anies Baswedan. Foto tersebut merupakan peristiwa ketika Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan membuka kembali posko pengaduan warga di Balai Kota Jakarta.

Dengan demikian klaim narasi yang beredar dari channel youtube PINTER POLITIK adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://seword.com/politik/heru-budi-piaraan-rezim-lalu-anies-piaraan-siapa-WTmxBHYK8k

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20221017131219-20-861557/heru-buka-lagi-posko-pengaduan-balai-kota-yang-hilang-di-era-anies