[SALAH] AHOK DITETAPKAN JADI GUBERNUR DKI

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi yang menyesatkan. Faktanya judul, isi dan thumbnail video tidak sesuai. Narasi yang menyatakan Ahok ditetapkan menjadi Gubernur DKI adalah tidak benar.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]:
https://www.youtube.com/watch?v=ctRwWQILWN8&ab_channel=POLITIKNUSANTARA
https://archive.cob.web.id/archive/1691805612.027235/singlefile.html (Youtube)

=======

[NARASI]:
AHOK DITETAPKAN JADI GUBENUR DKI,INI KABAR BURUK UNTUK MUSUH² JOKOWI & KRONI-KRONINYA DI DKI JAKARTA

WARGA DKI SUMRINGAH
AHOK DI TETAPKAN JADI GUBERNUR DKI
MUSUH-MUSUH JOKOWI BLINGSATAN ANCAM LAKUKAN INI

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube POLITIK NUSANTARA yang menampilkan thumbnail foto Presiden Jokowi sedang melantik seseorang mengenakan pakaian dinas berwarna putih dengan narasi yang menyatakan bahwa Ahok ditetapkan menjadi Gubernur DKI.

Setelah ditelusuri, dari awal hingga akhir video tidak ditemukan pemberitaan terkait klaim narasi yang beredar. Video tersebut hanya berisi cuplikan berapa video dari peristiwa berbeda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan rtikel dari seword.com berjudul “Ternyata Ada Yang Gerah Dan Panik Jika Ahok Kembali Jadi Gubernur DKI 2024” yang dimuat pada 8 Januari 2022.

Thumbnail yang menampilkan Presiden Jokowi sedang melantik seseorang dengan pakaian dinas berwarna putih tersebut identik dengan foto saat Anies Baswedan dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta oleh Presiden Jokowi di Istana Negara pada 16 Oktober 2017 seperti yang dimuat pada artikel bbc.com berjudul “Pelantikan Anies-Sandi, kehadiran Prabowo, dan absennya Djarot” yang diunggah pada 16 Oktober 2017.

Berdasarkan penjelasan di atas, klaim narasi yang menyatakan Ahok ditetapkan menjadi Gubernur DKI adalah keliru dan termasuk ke dalam konten yang menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://seword.com/politik/ternyata-ada-yang-gerah-dan-panik-jika-ahok-z0YDcE2sFH

https://timesindonesia.co.id/peristiwa-nasional/370302/4-tahun-pimpin-ibu-kota-anies-baswedan-hampir-bayar-lunas-janji-politiknya