[SALAH] Presiden Jokowi Datang ke Papua untuk Merenovasi Rumah Lilly Wenda

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan judul yang mengklaim bahwa Presiden Jokowi datang ke Papua untuk merenovasi rumah pembawa baki Paskibraka Nasional 2023, Lilly Wenda, merupakan konteks yang salah. Faktanya, judul dan thumbnail tersebut berbeda dengan isi dan narasi dalam video.

=======

[KATEGORI]: Konteks yang salah

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1692840595.080779/singlefile.html (YouTube)

https://www.youtube.com/watch?v=ro3v2no_rh8 (Link asli)

=======

[NARASI]: ‚ÄúTepat Hari Ini Presiden Joko Widodo Datang Langsung Ke Papua Untuk Merenovasi Rumah Lilly Wenda”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube KEMILAU CHANNEL (https://www.youtube.com/@KeceOfficial6) pada 21 Agustus 2023 mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa Presiden Joko Widodo datang langsung ke Papua untuk merenovasi rumah pembawa baki Paskibraka Nasional 2023, Lilly Indiani Suparman Wenda, karena merasa prihatin dengan kondisi rumah milik Lilly.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya judul tersebut berbeda dengan isi dan narasi dalam video.

Pada kenyataannya, isi video tersebut menjelaskan mengenai profil Lilly Wenda yang merupakan seorang pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dari Provinsi Papua Pegunungan. Selain itu, video tersebut juga menjelaskan mengenai insiden lepasnya sepatu sebelah kiri yang dikenakan Lilly saat kembali menuju formasi barisan usai pengibaran bendera Merah Putih di Istana Negara Jakarta pada Kamis, 17 Agustus 2023 lalu. Diketahui meski sepatu miliknya lepas dan tertinggal di tengah lapangan, Lilly nampak profesional dan berhasil menyelesaikan prosesi pengibaran bendera dengan baik.

Sepanjang video pun, tidak ditemukan adanya informasi mengenai Presiden Jokowi yang merenovasi rumah Lilly Wenda di Papua.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube KEMILAU CHANNEL merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://nasional.kompas.com/read/2023/08/17/12423291/anggota-paskibraka-pembawa-baki-bendera-tetap-fokus-meski-sepatu-lepas
https://nasional.tempo.co/read/1760892/momen-sepatu-paskibraka-pembawa-baki-copot-saat-pengibaran-bendera-di-istana
https://nasional.kompas.com/read/2023/08/17/10162031/profil-lilly-wenda-anggota-paskibraka-nasional-pertama-dari-provinsi-papua