[SALAH] Presiden Jokowi Berikan Sebuah Rumah untuk Lilly Wenda

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan judul yang mengklaim bahwa Presiden Jokowi memberi rumah untuk Lilly Wenda sang pembawa baki Paskibraka Nasional 2023 merupakan konteks yang salah. Faktanya, judul dan thumbnail tersebut berbeda dengan isi dan narasi dalam video.

=======

[KATEGORI]: Konteks yang salah

=======

[SUMBER]:

https://archive.cob.web.id/archive/1692839990.870952/singlefile.html (YouTube)

https://www.youtube.com/watch?v=KcVxJ1zKRWg (Link asli)

=======

[NARASI]: “Melihat Rumah Lilly Wenda Yang Kondisinya Memprihatinkn Pak Jokowi Segera Bangunkan Rumah Untk Lilly”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube KEMILAU CHANNEL (https://www.youtube.com/@KeceOfficial6) pada 19 Agustus 2023 mengunggah video dengan judul yang mengklaim bahwa Presiden Joko Widodo memberi sebuah rumah untuk pembawa baki Paskibraka Nasional 2023, Lilly Indiani Suparman Wenda, karena merasa prihatin dengan kondisi rumah milik Lilly.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya judul tersebut berbeda dengan isi dan narasi dalam video.

Pada kenyataannya, isi video tersebut menjelaskan mengenai insiden lepasnya sepatu sebelah kiri yang dikenakan Lilly saat kembali menuju formasi barisan usai pengibaran bendera Merah Putih di Istana Negara Jakarta pada Kamis, 17 Agustus 2023 lalu. Diketahui meski sepatu miliknya lepas dan tertinggal di tengah lapangan, Lilly nampak profesional dan berhasil menyelesaikan prosesi pengibaran bendera dengan baik.

Sepanjang video pun, tidak ditemukan adanya informasi mengenai Presiden Jokowi yang memberikan sebuah rumah kepada Lilly Wenda.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube KEMILAU CHANNEL merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://nasional.kompas.com/read/2023/08/17/12423291/anggota-paskibraka-pembawa-baki-bendera-tetap-fokus-meski-sepatu-lepas
https://nasional.tempo.co/read/1760892/momen-sepatu-paskibraka-pembawa-baki-copot-saat-pengibaran-bendera-di-istana