[SALAH] “RIBUAN WARGA SOLO PUTAR HALUAN DUKUNG ANIES DI PILPRES 2024”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi valid bahwa ribuan warga solo putar haluan dan dukung Anies di pilpres 2024.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.ph/lNDAI

=====

[NARASI]: GEMPAR :bangbang: RIBUAN WARGA SOLO PUTAR HALUAN DUKUNG ANIES PILPRES 2024…

=====

[PENJELASAN]:
Kanal Youtube Suara Rakyat memposting video berdurasi 8 menit 2 detik berjudul “GEMPAR :bangbang: RIBUAN WARGA SOLO PUTAR HALUAN DUKUNG ANIES PILPRES 2024…”.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Narator pada video tersebut hanya membayakan artikel milik bangka.tribunnews.com dengan judul artikel “Teka-Teki Bakal Cawapres Anies Baswedan, Inilah 2 Sosok dari Jawa Timur yang Diperhitungkan”.

Thumbnail yang memprtlihatkan lautan manusia yang mana fakta foto tersebut adalah suasanan  kampanye akbar Jokowi-Maruf di GBK, thumbnail tersebut juga identik dengan artikel milik jambi.tribunnews.com yang diunggah pada 13 April 2019 dengan judul artikel “Membludak, Simak Kondisi Terbaru Diluar Lapangan GBK Jelang Kampanye Akbar Jokowi Pukul 13.00 WIB”.

Tidak ditemukan juga video kerumunan massa pada video tersebut, dengan demikian klaim tentang ribuan warga solo putar haluan dan dukung Anies di pilpres 2024 adalh salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://bangka.tribunnews.com/2023/08/14/teka-teki-bakal-cawapres-anies-baswedan-inilah-2-sosok-dari-jawa-timur-yang-diperhitungkan#google_vignette
https://jambi.tribunnews.com/2019/04/13/membludak-simak-kondisi-terbaru-diluar-lapangan-gbk-jelang-kampanye-akbar-jokowi-pukul-1300-wib