[SALAH] MAMVUS ! AMIREN RAIS GEMETAR KETAKUTAN, JOKOWI TAK MAIN-MWIN SERET SITUA BANGKA KERANAH HUKUM

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim Jokowi membawa Amien Rais keranah hukum. Unggahan tersebut hanya menarasikan artikel tentang komentar Amien Rais tentang kasus Rocky Gerung Centul City.

=========
[KATEGORI]: Konten dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1692977319.114263/singlefile.html (YouTube)

=====
[NARASI]: “MAMVUS ! AMIREN RAIS GEMETAR KETAKUTAN, JOKOWI TAK MAIN-MWIN SERET SITUA BANGKA KERANAH HUKUM”

============
[PENJELASAN]:
Akun YouTube Suara Politik Indonesia pada 17 Agustus 2023 mengunggah video dengan judul “MAMVUS ! AMIREN RAIS GEMETAR KETAKUTAN, JOKOWI TAK MAIN-MWIN SERET SITUA BANGKA KERANAH HUKUM”  Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Video yang berdurasi 10 menit 5 detik itu menyampaikan narasi yang berbeda dengan judul. Judul pada unggahan tersebut  menyatakan Amien Rais dibawa ke ranah hukum oleh Jokowi dan namun narasi yang disampaikan dalam unggahan tersebut hanya menyampaikan sebuah artikel yang berbeda dengan judul unggahan.

Unggahan tersebut menarasikan artikel berjudul “Amien Rais Bela Rocky Gerung … Suruh Pindah ke Jogja Saja Pakai Lahan Milikmu, Mbah!
” yang diunggah pada laman seword.com tanggal 24 September 2021. Artikel ini membahas tentang komentar Amien Rais terhadap kasus Rocky Gerung versus Centul City.

==========
[REFERENSI]:
– https://seword.com/politik/amien-rais-bela-rocky-gerung-suruh-pindah-ke-sRCo5QjZR1