[SALAH] Gambar tangkapan layar artikel berjudul “Abah Aos Beri Jimat Jembut dari ‘Surga’untuk Anies Baswedan Agar Menang di Pilpres 2024”

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah OJ (UIN Raden Mas Said Surakarta).

Gambar tangkapan layar artikel pada Facebook merupakan telah diedit pada bagian judul. Faktanya, judul yang asli adalah “Abah Aos Beri Jimat Rambut dari ‘Surga’ untuk Anies Baswedan Agar Menang di Pilpres 2024” bukan “Abah Aos Beri Jimat Jembut dari ‘Surga’untuk Anies Baswedan Agar Menang di Pilpres 2024”

Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.ph/woTjT

= = = = =

NARASI:
“Abah Aos Beri Jimat Jembut dari ‘Surga’untuk Anies Baswedan Agar Menang di Pilpres 2024”

= = = = =

PENJELASAN:
Akun Facebook Lastrianti memposting sebuah gambar tangkapan layar sebuah artikel dengan judul “Abah Aos Beri Jimat Jembut dari ‘Surga’untuk Anies Baswedan Agar Menang di Pilpres 2024”. Postingan tersebut diunggah pada 22 Agustus 2023.

Setelah ditelusuri menggunakan kata kunci narasi tersebut dan berdasarkan waktu unggah artikel ditemukan artikel yang identik pada salah satu artikel milik suara.com. Judul yang asli adalah “Abah Aos Beri Jimat Rambut dari ‘Surga’ untuk Anies Baswedan Agar Menang di Pilpres 2024”. Jika dibandingkan antara artikel asli dengan postingan Facebook terlihat kesamaan yaitu waktu unggah artikel Senin 14 Agustus 2023 pukul 10.18, keterangan NEWS dan keterangan Kangdar dibawah judul.

Dengan demikian gambar tangkapan layar artikel pada Facebook merupakan telah diedit pada bagian judul. Judul yang asli adalah “Abah Aos Beri Jimat Rambut dari ‘Surga’ untuk Anies Baswedan Agar Menang di Pilpres 2024” bukan “Abah Aos Beri Jimat Jembut dari ‘Surga’untuk Anies Baswedan Agar Menang di Pilpres 2024”, sehingga masuk dalam kategori konten yang dimanipulasi.

REFERENSI:
https://tasikmalaya.suara.com/read/2023/08/14/101811/abah-aos-beri-jimat-rambut-dari-surga-untuk-anies-baswedan-agar-menang-di-pilpres-2024