[SALAH] “GANJAR DI BANJIRI TERIAKAN ANIES PRESIDEN SAAT BLUSUKAN”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Ganjar dibanjiri teriakan Anies presiden saat belusukan.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: YOUTUBE 
https://archive.cob.web.id/archive/1692106457.937864/singlefile.html

=====

[NARASI]: MEMALUK4N !! DETIK-DETIK GANJ4R DIBANJIRI TERIAKAN “AN1ES PRE51DEN” SAAT BLUSUK4N || TERKINI

=====

[PENJELASAN]:
Kanal Youtube “POLITIK INDONESIA” mengunggah video dengan klaim Ganjar dibanjiri teriakan Anies presiden saat blusukan.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari detik.com dengan judul artikel “Relawan Gelar Jambore di Brebes, Anies: Kabupaten Miskin Ekstrem di Jateng”.

Thumbnail yang menampilkan sosok Ganjar Pranowo sedang berada di tengah kerumunan orang-orang yang dinarasikan sedang blusukan, faktanya  thumbnail tersebut identik dengan artikel milik detik.com dengan judul artikel “Ganjar Lari Pagi di Gasibu, Warga Ucapkan Selamat Datang ‘Pak Presiden’.

Saat itu Ganjar Pranowo melakukan olahraga pagi bersama warga Bandung di Lapangan Gasibu, Kota Bandung pada Minggu 14 Mei 2023.

Salah satu klip pada awal video yang menampilkan sosok Ganjar Pranowo sedang menyapa warga sekitar, video identik diunggah kanal Youtube Liputan6 dengan judul artikel “Momen Ganjar Pranowo Blusukan Ke Pasar Anyar Bahari Jakarta Utara, Langsung Dikerubungi Warga”.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa Ganjar dibanjiri teriakan Anies presiden saat blusukan adalah salah dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.detik.com/jateng/berita/d-6876581/relawan-gelar-jambore-di-brebes-anies-kabupaten-miskin-ekstrem-di-jateng
https://www.detik.com/jabar/jabar-gaskeun/d-6719318/ganjar-lari-pagi-di-gasibu-warga-ucapkan-selamat-datang-pak-presiden
https://www.youtube.com/watch?v=rRxf4r8rhE0