[SALAH] Usai Keliling Jakarta, Jutaan Jakmania Tumpahkan Dukungan untuk Anies Baswedan

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Tidak ada informasi mengenai jutaan Jakmania yang menggelar dukungan untuk menangkan Anies Baswedan. Narasi dalam video menjelaskan Partai Demokrat yang kembali mendesak bakal capres Anies Baswedan, untuk segera mendeklarasikan nama cawapresnya.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://perma.cc/VP7J-GWD5 (YOUTUBE)

=====

[NARASI]: “Sesudah keliling Jakarta !! Demi menangkan anies, jutaan Jack mania berkumpul tumpahkan dukungan”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube GARUDA POLITIK mengunggah video dengan klaim jutaan pendukung Persija atau kerap disebut Jakmania tumpahkan dukungan untuk Anies Baswedan. Pada gambar pratinjau, disebutkan bahwa Jakmania memberikan dukungannya di Stadion Jakarta International Stadium (JIS).

Namun setelah menonton keseluruhan video, tidak ada informasi valid yang mendukung klaim pada video. Narasi yang dibacakan dalam video justru identik dengan artikel yang diunggah oleh Kumparan dengan judul “Demokrat Desak Anies Deklarasi Cawapres: Sudah Kelamaan.”

Dalam artikel yang diunggah pada 20 Agustus 2023 tersebut menjelaskan tentang Partai Demokrat yang kembali mendesak bakal capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, untuk menentukan sikap. Mereka meminta Anies segera mengumumkan sosok yang akan menjadi cawapres mereka.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, menilai, ini sudah terlalu lama sejak Anies dideklarasikan sebagai capres. Namun hingga kini belum juga ada cawapres yang diumumkan.

=====

[REFERENSI]:

– https://kumparan.com/kumparannews/demokrat-desak-anies-deklarasi-cawapres-sudah-kelamaan-211kLDP0bOH/full