[SALAH] “PAN RESMI GABUNG KOALISI KPP DUKUNG ANIES SEBAGAI CAPRES 2024”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Klaim pada thumbnail Facebook tidak benar. Faktanya, pada thumbnail video tersebut merupakan momen saat Partai Nasdem menggelar Apel Siaga Perubahan yang dihadiri ribuan kader dengan agenda pidato politik oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Anies Baswedan selaku bakal capres dari Koalisi Perubahan.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://archive.cob.web.id/archive/1690452045.148645/singlefile.html

=====

[NARASI]: Paloh Full Senyum Hari Ini !! 1 Partai Biru Resmi Gabung Perubah4n Dukvng An1es

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Facebook dengan nama pengguna “Teubit Lam Tanjong” mengunggah video dengan narasi bahwa PAN resmi gabung koalisi KPP dukung Anies sebagai capres 2024.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Narator dalam video hanya membacakan salah satu artikel milik Kba News dengan judul artikel “Hendri Satrio: Di Lubuk Hati Terdalam, Masyarakat Indonesia Ingin Perubahan”.

Gambar thumbnail identik dengan artikel milik m.tribunnews.com dengan judul “Apel Siaga Perubahan Partai NasDem”, gambar tersebut merupakan momen saat Partai Nasdem menggelar Apel Siaga Perubahan yang dihadiri ribuan kader dengan agenda pidato politik oleh Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan Anies Baswedan selaku bakal capres dari Koalisi Perubahan.

Salah satu klip yang menampilkan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) tengah melakukan konferensi pers identik dengan yang ada di YouTube Metro TV dengan judul video “Zulkifli Hasan Bertemu Prabowo Bahas Koalisi Kebangsaan”.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa PAN resmi gabung koalisi KPP dukung Anies sebagai capres 2024 adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://kbanews.com/hot-news/hendri-satrio-di-lubuk-hati-terdalam-masyarakat-indonesia-ingin-perubahan/
https://m.tribunnews.com/images/editorial/view/1971784/apel-siaga-perubahan-partai-nasdem
https://www.youtube.com/watch?v=jUCe2cCdeFg