[SALAH] JOKOWI AMBIL ALIH PDIP DAN DUKUNG PRABOWO

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul video tidak sesuai dengan isinya. Selain thumbnail merupakan hasil manipulasi, dalam video tersebut juga tidak ditemukan pemberitaan terkait Jokowi yang ambil alih PDIP dari Megawati dan mendukung Prabowo.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1690377423.528494/turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2023/07/Jokowi-ambil-alih-PDI.pdf (Facebook)

=======

[NARASI]:
JOKOWI MENANTANG MAUT:bangbang:AMBIL ALIH KURSI PDIP DARI MAK MEGA

ATAS PERINTAH JOKOWI LANGSUNG BUBARKAN PDIP:bangbang:DUKUNG PRABOWO

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari halaman facebook bernama Perspektif dengan narasi yang mengklaim bahwa Jokowi ambil alih PDIP dan mendukung Prabowo.

Setelah dilakukan penelusuran, thumbnail yang ditampilkan dalam video merupakan hasil manipulasi. Selain itu video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa video yang telah beredar di internet sebelumnya yang tidak ada kaitannya dengan klaim narasi.

Narator dalam video tersbeut hanya membacakan artikel dari rmol.id berjudul “Effendi Simbolon dan Budiman Sudjatmiko Dukung Prabowo, Internal PDIP Pecah?” (19/7/2023) serta artikel dari suara.com berjudul “Budiman Sudjatmiko Resmi Gabung Gerindra Usai Temui Prabowo? PDIP Langsung Bereaksi” (19/7/2023).

Dilansir dari laman resmi pdiperjuangan.id, posisi ketua umum PDIP masih dijabat oleh Megawati.

Berdasarkan pejelasan di atas, klaim bahwa Jokowi ambil alih PDIP dan mendukung Prabowo tidak terbukti dan termaasuk ke dalam kategori konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://politik.rmol.id/read/2023/07/19/582053/effendi-simbolon-dan-budiman-sudjatmiko-dukung-prabowo-internal-pdip-pecah

https://selebtek.suara.com/read/2023/07/19/130830/budiman-sudjatmiko-resmi-gabung-gerindra-usai-temui-prabowo-pdip-langsung-bereaksi

https://www.pdiperjuangan.id/struktur-dpp