[SALAH] Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Diganti dengan Jenderal Moeldoko

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga

Faktanya, tidak ada pergantian terhadap Syahrul Yasin Limpo selaku Menteri Pertanian.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: TWITTER
https://archive.fo/roSPA
https://twitter.com/brother_djon/status/1680747765650067456?s=20

=====
[NARASI]:
“Sehari setelah apel siaga, kader Partai Nasdem Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Pertanian direshuffle diganti oleh Jenderal Moeldoko. Istana makin retak:sunglasses:”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan di media sosial Twitter, yang memperlihatkan sebuah pesan melalui aplikasi Whatsapp, yang menyebutkan mengenai berita pergantian beberapa jajaran Menteri oleh presiden. Terlihat beberapa posisi di dalam cabinet Jokowi yang diklaim akan diganti dengan nama-nama yang juga tercantum di dalam pesan tersebut. Salah satu posisi yang disebut akan digantikan adalah posisi Menteri Petanian yang saat itu dijabat oleh salah satu kader Partai Nasdem, Syahrul Yasin Limpo. Disebutkan bahwa posisi Syahrul akan digantikan oleh Jenderal Moeldoko.

Namun setelah melakukan penelusuran terkait informasi tersebut, diketahui bahwa klaim di dalam unggahan tersebut adalah hoaks. Melansir dari artikel media Bisnis.com, terpantau saat acara pelantikan dilaksanakan, Moeldoko diketahui memang berada di Kawasan istana, namun tidak turut masuk ke dalam jajaran pejabat yang akan dilantik. Diketahui bahwa terdapat 6 pejabat baru yang akan dilantik, yaitu:

  1. Menkominfo Budi Arie
  2. Wamenkominfo Nezar Patria
  3. Wamendes Prof Paiman Raharjo
  4. Wamenlu Pahala Mansury
  5. Wamen BUMN Rosan Roeslani
  6. Wamenag Saiful R Dasuki

Berdasarkan informasi tersebut dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyebutkan Syahrul Yasin Limpo sebagai Menteri Pertanian akan diganti dengan Jenderal Moeldoko, merupakan hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://m.bisnis.com/amp/read/20230717/15/1675441/hoaks-jokowi-lantik-moeldoko-jadi-mentan

https://www.cnbcindonesia.com/news/20230717094038-4-454865/ini-daftar-menteri-baru-hasil-reshuffle-jokowi-juli-2023