[SALAH] GEMPARKAN MALAM INI !! DEMI MENANGKAN ANIES GANJAR MUNDUR DARI KABINET PDIP.

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim Ganjar mundur dari PDIP untuk mendukung Anies. Unggahan tersebut hanya menarasikan artikel terkait berita tentang pengamat politik yang melihat bahwa Ganjar tidak perlu mengkhawatirkan Anies Baswedan karena lawan beratnya adalah Prabowo.

=========
[KATEGORI]: Konten dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1689564319.45402/singlefile.html (YouTube)

=====
[NARASI]: “GEMPARKAN MALAM INI !! DEMI MENANGKAN ANIES GANJAR MUNDUR DARI KABINET PDIP.”

============
[PENJELASAN]:

Akun YouTube Suara Rakyat pada 16 Juli 2023 mengunggah video dengan judul “GEMPARKAN MALAM INI !! DEMI MENANGKAN ANIES GANJAR MUNDUR DARI KABINET PDIP”.  Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Video yang berdurasi 8 menit 3 detik itu tidak membahas kemunduran Ganjar dari PDIP untuk mendukung Anies.

Unggahan tersebut menarasikan artikel milik Zaki Rif’an berjudul “Sebut Saingan Ganjar Hanya Tinggal Prabowo, Pengamat: Anies Ini Sudah Berat, Hanya Takdir Bisa Mengubahnya” yang diunggah pada laman Fajar.co.id tanggal 14 Juli 2023. Artikel ini membahas tentang Ray Rangkuti yang menilai saingan Ganjar Pranowo saat ini adalah Prabowo sehingga tidak perlu mengkhawatirkan capres Anies Baswedan sebagai saingannya.

==========
[REFERENSI]:
 – https://fajar.co.id/2023/07/14/sebut-saingan-ganjar-hanya-tinggal-prabowo-pengamat-anies-ini-sudah-berat-hanya-takdir-bisa-mengubahnya/#:~:text=Pernyataan%20Ray%20bukan%20tak%20punya%20data%2C%20menurutnya%2C%20hasil,bisa%20mengubahnya.%20Dia%20sudah%20kampanye%20satu%20tahun%20ini