[SALAH] Kasus Malaria di Florida dan Texas Karena Bill Gates Melepaskan Nyamuk yang Telah Direkayasa Genetik

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Tidak ada bukti valid yang mendukung klaim tersebut dan selama dua dekade terakhir, Bill & Melinda Gates Foundation tidak pernah mendanai proyek malaria AS.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://turnbackhoax.id/wp-content/uploads/2023/07/Bill-Gates-malaria.pdf

Arsip Video:
https://video.twimg.com/ext_tw_video/1673834493453520898/pu/vid/480×270/0TM85IViOq-hjt63.mp4?tag=12

=====

Narasi
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Bill Gates melepaskan nyamuk yang mengirimkan malaria di Florida & Texas”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter @VictoryDeclare mengunggah cuplikan video dari program berita American Journal yang sedang membahas kasus lima malaria di Texas dan Florida yang terjadi baru-baru ini. @VictoryDeclare juga menambahkan keterangan bahwa Bill Gates yang melepaskan nyamuk-nyamuk malaria yang kemudian menjadi penyebab dari kejadian tersebut. Cuitan dan video yang diunggah pada 28 Juni tersebut telah disukai hampir 700 orang, dibagikan dan dikutip ulang lebih dari 500 kali, serta dilihat hampir 50,000 kali.

Berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Dilansir dari AFP Fact Check, juru bicara dari Bill & Melinda Gates Foundation mengirim konfirmasi via email kepada AFP Fact Check bahwa foundation tersebut tidak pernah mendanai pekerjaan atau proyek apapun yang berhubungan dengan pelepasan nyamuk di Amerika Serikat. Terlebih lagi, menurut juru bicara tersebut, pengurangan penyakit malaria telah menjadi prioritas utama bagi Bill & Mellinda Gates Foundation selama dua dekade terakhir.

Selain klaim yang banyak beredar mengenai hubungan Bill & Melinda Gates Foundation dengan kasus malaria di Texas dan Florida, tidak ditemukan bukti valid untuk mendukung klaim tersebut.

Terlebih lagi, PolitiFact pernah membahas informasi serupa yang berjudul “Bill Gates is behind the five recent cases of malaria in the United States” dan mengkategorikannya sebagai False.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh @VictoryDeclare merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33MA7HB


https://www.politifact.com/factchecks/2023/jul/06/facebook-posts/no-a-bill-gates-funded-project-did-not-cause-the-r/