[SALAH] HASIL RAPAT DPR & MPR PUTUSKAN ANIES GANTIKAN JOKOWI DEMI SELAMATKAN BANGSA & NEGARA

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang dimanipulasi. Video merupakan hasil editan kumpulan video yang diberi narasi yang menyesatkan. Dalam video yang diunggah hanya dikutip pernyataan Anies Baswedan dan Surya Paloh pada kegiatan Apel Siaga Perubahan Partai Nasdem. Tidak ditemukan informasi mengenai Rapat DPR dan MPR yang memutuskan Anies Baswedan menggantikan Jokowi sebagai presiden demi selamatkan bangsa dan negara.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1690111026.150418/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
“JKW TERKEJUT! HASIL RAPAT DPR & MPR PUTUSKAN ANIES GANTIKAN JOKOWI DEMI SELAMATKAN BANGSA & NEGARA!”

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube Gajah Mada TV mengunggah video pada tanggal 17 Juli 2023 dengan judul: “JKW TERKEJUT! HASIL RAPAT DPR & MPR PUTUSKAN ANIES GANTIKAN JOKOWI DEMI SELAMATKAN BANGSA & NEGARA!”.

Video pertama yang dicuplik identik dengan video pidato politik Anies Baswedan di Apel Siaga Perubahan Partai NasDem yang diliput oleh akun Youtube KOMPASTV pada tanggal 16 Julli 2023 dengan judul: “[FULL] Pidato dan Doa Anies Baswedan di Apel Siaga Perubahan Partai NasDem”.

Video kedua yang diunggah adalah video orasi Surya Paloh di kegiatan yang sama yaitu Apel Siaga Perubahan Partai NasDem yang diliput KOMPASTV pada tanggal 17 Juli 2023 dengan judul: “Begini Isi Orasi Surya Paloh dan Anies Baswedan di Apel Siaga Perubahan!”.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video merupakan hasil editan kumpulan video yang diberi narasi yang menyesatkan. Dalam video yang diunggah hanya dikutip pernyataan Anies Baswedan dan Surya Paloh pada kegiatan Apel Siaga Perubahan Partai Nasdem.

Tidak ditemukan informasi mengenai Rapat DPR dan MPR yang memutuskan Anies Baswedan menggantikan Jokowi sebagai presiden demi selamatkan bangsa dan negara.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=lA-h_1P_ado
https://www.youtube.com/watch?v=fAT1zms-YwE