[SALAH] Jokowi Prabowo Siap Nyapres

Hasil Periksa Fakta Dyah febriyani

Informasi menyesatkan. Tidak ada keterangan resmi yang menyebut Jokowi dan Prabowo menjadi capres dan cawapres pada pilpres 2024.

============
[KATEGORI]

Konten yang Menyesatkan

============
[SUMBER]

Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1689532367.170416/singlefile.html

=============
[NARASI]

“MENGGEMPARKAN.!!
JOKOWI PRABOWO SIAP NYAPRES”

=============
[PENJELASAN]

Beredar sebuah video Facebook yang mengklaim Jokowi dan Prabowo menjadi capres dan cawapres pada pilpres 2024. Klaim itu dilatarbelakangi oleh banyaknya baliho-baliho foto Jokowi bersama Prabowo, yang beredar diberbagai wilayah Indonesia. Latar belakang yang disampaikan pengunggah, tidak cukup kuat untuk mengatakan bahwa keduanya akan tampil bersama pada pilpres 2024.

Jelas tertulis dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 pasal 7, bahwa presiden dan wakil presiden memegang jabatan selama lima tahun dan dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan. Artinya, masa jabatan presiden ditetapkan maksimal dua periode. Jokowi sendiri telah menjadi presiden selama dua periode, maka ia tidak bisa lagi mencalonkan diri menjadi presiden dalam pilpres 2024.

Terkait beredarnya baliho, Jokowi memberikan komentar terkait hal tersebut. Ia menjelaskan bahwa tidak hanya memasang foto dengan Prabowo saja melainkan dengan tokoh-tokoh dari partai lain.

โ€Ya, gimana, ya? Foto saya, kan, tidak dipasang oleh Pak Prabowo saja, oleh Gerindra saja. Oleh PDI (Perjuangan) juga ada. Oleh PSI juga ada. Oleh Nasdem, di NTT saya lihat Pak Victor Laiskodat dengan saya juga ada,โ€ ujar Presiden sesuai meresmikan Jalan Tol Cipali-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) di Sumedang, Jawa Barat, Selasa (11/7/2023).

Dengan demikian unggahan yang mengklaim Jokowi dan Prabowo kembali ikut menjadi capres dan cawapres 2024 adalah salah. Unggahan tersebut termasuk dalam konten yang menyesatkan.

=============
[REFERENSI]

https://www.kompas.id/baca/polhuk/2023/07/11/ini-kata-presiden-saat-ditanya-soal-baliho-jokowi-prabowo

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5893641/masa-jabatan-presiden-menurut-uud-1945-bisakah-diperpanjang