[SALAH] GEMPAR HARI INI ! MEGAWATI RESMI TANDATANGANI PUAN JADI CAWAPRES ANIES 2024

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim Megawati resmikan Puan menjadi cawapres Anies Baswedan pada pilpres 2024. Unggahan tersebut hanya menarasikan artikel terkait berita tentang Puan Maharani yang menjadi kandidat cawapres Anies Baswedan di pilpres 2024.

=========
[KATEGORI]: Konten dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1689326561.614114/singlefile.html (YouTube)

=====
[NARASI]: “GEMPAR HARI INI ! MEGAWATI RESMI TANDATANGANI PUAN JADI CAWAPRES ANIES 2024.”

============
[PENJELASAN]:

Akun YouTube Suara Rakyat pada 14 Juli 2023 mengunggah video dengan judul “GEMPAR HARI INI ! MEGAWATI RESMI TANDATANGANI PUAN JADI CAWAPRES ANIES 2024”.  Judul tersebut tidak sesuai dengan isi dari video yang diunggah. Video yang berdurasi 8 menit 6 detik itu tidak membahas peresmian Puan Maharani sebagai cawapres Anies Baswedan oleh Megawati. Foto yang digunakan dalam cover unggahan tersebut juga telah dimanipulasi. Foto tersebut adalah foto ketika Rakernas II PDIP pada bulan Juni 2023 kemarin.

Unggahan tersebut menarasikan artikel milik Frans Krowin  berjudul “Puan Maharani Jadi Kandidat Kuat Cawapres Pilihan Anies Baswedan, Begini Kata Surya Tjandra” yang diunggah pada laman Pos-Kupang.com tanggal 11 Juli 2023. Artikel ini membahas pernyataan Surya Tjandra tentang Puan Maharani yang dianggap cocok menjadi kandidat cawapres Anies Baswedan pada pilpres 2024.

==========
[REFERENSI]:
 – https://seword.com/politik/gak-ada-akhlak-dulu-menghina-jokowi-kini-fadli-JOhJvasayI
– https://www.sonora.id/read/423341198/pidato-megawati-di-rakernas-ii-pdip-tak-menyasar-individu